Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Antisipasi Arus Balik Lebaran

Menhub Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, 11 Mei 2021. Budi mengapresiasi koordinasi yang baik antara pengelola bandara Soetta dengan stakeholder lainnya seperti maskapai penerbangan.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

"Tadi saya meninjau beberapa tempat, seperti pada proses mendapatkan izin terbang penumpang dan itu cukup baik. Di sini juga terlihat, koordinasi baik antara operator dengan pengelola bandara, yakni Angkasa Pura II, lalu maskapai yakni Garuda, Citilink dengan petugas KKP yang berjalan baik dan saya mengapresiasi itu," kata Budi.

Dia juga memberikan catatan khusus pada tim Satuan Tugas untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan standar operasional prosedur. Hal ini baik kepada calon penumpang yang mau pergi maupun akan datang untuk karantina.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

"Ada catatan khusus untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan amati secara baik proses keberangkatan dari bandara hingga ke tempat karantina, dan memantau secara khusus mutlak fasilitas dari pada ruang karantina," jelas Budi.

Ia juga mengingatkan, agar pengelola dan stakeholder di bandar udara, mampu mengantisipasi adanya kenaikan pergerakan penumpang pada H+2 lebaran atau pada Minggu, 16 Mei 2021.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Menurut dia, diprediksi arus balik Lebaran terjadi pada H+2 Lebaran.

"Harus siapkan mekanisme juga dalam antisipasi arus balik lebaran yang diprediksi terjadi pada H+2 lebaran," ujarnya.

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024