Kakorlantas: Lalu Lintas ke Jawa Landai

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah)
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan kondisi lalu lintas (lalin) ke arah Jawa terpantau landai dan sepi. Kakorlantas menyebut hal ini adanya penyekatan efektif dalam meminimalisir mobilisasi masyarakat.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Kakorlantas menyampaikan hal itu usai mengecek jalur tol maupun arteri dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah.

“Saya tadi lihat pantauan di jalan-jalan tol cenderung turun dan landai. Sekarang berada di rest area KM 429 juga cenderung turun dan landai,” ucap Istiono di KM 429 Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 11 Mei 2021.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Menurut Istiono, kondisi lalu lintas hanya didominasi oleh angkutan barang maupun logistik. Selebihnya kendaraan pribadi yang memang memiliki kepentingan untuk melakukan perjalanan sebagaimana SE Satgas COVID-19.

“Dominasi kendaraan yang lewat itu  di dominasi angkutan barang. Langkah-langkah putarbalik arah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini selama 5 hari 150 ribu,” sambung dia.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Sementara itu, Kakorlantas juga mengingatkan kepada pemudik yang lolos di penyekatan akan berhadapan dengan pos penyekatan berikutnya. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk lebih baik mengurungkan niat mudik apabila tidak ingin diputar balik.

“Langkah cara bertindak kita di lapangan adalah kita alirkan supaya diterima oleh pos-pos penyekatan berikutnya yang memang sudah kita bangun berlapis-lapis di Jakarta sampai Jawa tengah hingga Jawa timur. Itu bagian dari dinamika yang harus kita kelola selama 24 jam untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 semaksimal mungkin,” kata dia. (oya)

Baca juga: Polisi: Larangan Mudik Susah Kalau Masyarakat Tak Sadar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya