PBNU Tetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah Jatuh Hari Kamis 13 Mei 2021

Pantau hilal/Ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry

VIVA – Hari ini pemantauan hilal untuk penetapan awal bulan Syawal 1442 H dilakukan di sejumlah wilayah. Pengurus Besar Nahdhatul Ulama menjadi salah satu pihak yang melakukan pemantauan hilal untuk menetapkan hari raya Idul Fitri 1422 Hijriah.

Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Dalam keterangan resmi PBNU, Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama / Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada hari Selasa tanggal 11 Mei 2021 M / 29 Ramadian 1442 H telah melakukan rukyatuk-hilal bil fi'li di beberapa lokasi rukyat yang tetah ditentukan. Namun, tidak berhasil melihat hilal.

"Tidak berhasil melihat Hilal. Dengan demikian umur bulan Ramadhan 1442 H adalah 30 hari (Istikmal)," tulis surat resmi yang disebarkan oleh Ketua PBNU Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan, Robikin Emhas, Selasa 11 Mei 2021.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Baca juga: Dinonaktifkan Pimpinan KPK, Novel Baswedan: Kami Akan Lawan!

Atas dasar Istikmal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al-Madzahibul Arba'ah, maka dengan ini Pengurus Besar Nahdiatul Ulama mengikhbarkan atau memberitahukan bahwa  Awal Bulan Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021 M.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021. 

"Kami sampaikan Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawwal 1442 H, dengan penuh suka cita, dan tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilisasi dan interaksi)," demikian dikutip dalam surat tersebut.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024