Idul Fitri 13 Mei 2021, Ace Hasan: Umat Islam Bersatu Merayakannya

Ketua DPP Golkar bidang media dan penggalangan opini, Ace Hasan Syadzily.
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengajak seluruh umat Islam untuk bersatu, dalam perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah yang telah ditetapkan Kementerian Agama jatuh pada 13 Mei 2021.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Ace mengatakan, ketetapan yang telah dilakukan dalam sidang isbat ini menandakan telah disepakati oleh seluruh umat Islam.

"Ditetapkan bersama-sama dan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 itu artinya bahwa semua ormas Islam semua masyarakat Islam di Indonesia telah membulatkan tekad," kata dia saat konferensi pers usai sidang isbat, Selasa, 11 Mei 2021.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Dengan hasil kesepakatan bersama itu, atas dasar ijtimak dan rukyat hilal yang dilaksanakan di 88 titik di 34 provinsi ini, Ace menekankan, umat Islam akan bersatu dalam hari raya tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa umat Islam Indonesia insya Allah bersatu menyatukan diri dalam merayakan Idul Fitri secara bersama-sama pada tanggal tersebut. Ini jadi modal bagi kita semua di tengah pandemi," ujarnya.

DPRD Provinsi Jambi Gelar Acara Halal Bihalal, Edi Purwanto: Semoga Kembali Fitri

Selain itu, Ace mengimbau, dalam perayaan Idul Fitri 1442 H ini masyarakat juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Sebab, menurutnya, pandemi COVID-19 masih melanda dunia.

"Karena prinsip dalam ajaran agama Islam menyuruh kita semua untuk tetap memprioritaskan keselamatan jiwa karena itu protokol kesehatan seperti gunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan harus jadi keharusan," ujarnya. 

Di sisi lain, dia juga mengimbau, sesuai ajakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bagi wilayah yang masih zona merah COVID-19, pelaksanaan salat Idul Fitri sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing.

"Sebagaimana disampaikan MUI kita tetap harus memperhatikan zonasinya, jika zona merah maka sebaiknya kita laksanakan salat tersebut di rumah masing-masing," ujar Ace.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya