Bupati Kendal Sidak Minimarket, Makanan Kadaluarsa Ditemukan

Bupati Kendal sidak minimarket dan temukan makanan kadaluarsa.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/tvOne

VIVA – Jelang Lebaran, Bupati Kendal dan tim Dinas Perdagangan setempat melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek ada tidaknya makanan tak layak konsumsi. Sidak dilakukan secara acak di beberapa minimarket. Salah satunya di sebuah minimarket modern di Kecamatan Kaliwungu Selatan Kendal.

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat

Bupati Kendal Dico Ganinduto yang masuk ke dalam minimarket menyempatkan berbincang dengan pengelolanya. Sementara tim Disperindag melakukan pengecekan beberapa barang yang ada di etalase.

Di situ ,petugas menemukan ada barang kemasan yang ternyata sudah kadaluarsa. Selain itu juga ditemukan barang yang kemasannya sudah rusak.

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Mengetahui hal itu, Bupati Kendal Dico Ganinduto langsung meminta pengelola minimarket menarik barang yang bermasalah dan menggantikannya dengan barang yang layak konsumsi.

"Ya kita cek tadi. Setelah kita evaluasi, tidak ada unsur kesengajaan dari pengelola. Tapi kita tegaskan kepada pengelola supaya meningkatkan supervisi produk supaya tidak membahayakan konsumen," kata Dico.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

Baca juga: Pengikut Habib Muda Seunagan di Aceh Lebaran Hari Ini

Sementara pengelola minimarket saat itu juga langsung mengganti produk yang kadaluarsa dengan yang baru. Petugas menyebut ada yang terlewat karena banyaknya barang.

"Kita tiap hari melakukan pengecekan. Namun dari ribuan barang, tadi ada satu yang kelewat, sudah kita tarik," kata petugas minimarket.

Selain di minimarket modern, sidak juga dilakukan di pasar tradisional. Antara lain di Pasar Boja dan Pasar Singorojo. Hasil pantauan, Bupati menyimpulkan stok bahan pangan aman untuk Lebaran dan selanjutnya.

"Stok di beberapa pasar tradisional relatif aman dan stabil, ketersediaan stok juga bagus, dan ini akan kita pantau terus untuk memastikan kestabilan harga dan  tidak ada kekurangan stok," jelas Dico saat mendatangi Pasar Boja Kendal.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya