Korban Terakhir Tambang Emas Ilegal di Solok Selatan Ditemukan

Tim SAR menemukan korban terakhir tambang emas ilegal di Solok Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah.

VIVA - Tim SAR gabungan berhasil menemukan Siman, korban terakhir yang tewas tertimbun material longsor di lokasi tambang emas Jorong Timbahan, Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Selasa malam, 11 Mei 2021.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Dengan ditemukannya Siman, maka operasi pencarian dan evakuasi terhadap seluruh penambang yang tewas dan mengalami luka-luka, secara resmi ditutup. Total korban meninggal dalam peristiwa ini sebanyak delapan orang dan yang luka-luka sebanyak sembilan orang.

“Siman adalah penambang atau korban terakhir yang ditemukan. Ditemukan malam tadi sekitar pukul 19.30 WIB,” kata Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Solok Selatan, Richie Amran, Rabu, 12 Mei 2021.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Baca juga: Korban Tertimbun Longsor Tambang Emas di Solok Selatan Tinggal Seorang

Pantauan VIVA di lapangan, proses evakuasi terhadap Siman cukup berat. Kondisi medan yang berat serta jauhnya akses menuju ambulans menjadi kendala utama tim evakuasi gabungan.

Garap Areal Kuburan, Sejumlah Alat Tambang Emas Ilegal Dibakar Massa

Butuh waktu tiga jam bagi tim untuk mengevakuasi Siman, keluar dari lokasi tambang. Dan dua jam perjalanan menuju rumah sakit.

Sebelumnya, musibah longsor di kawasan ini terjadi pada Senin, 10 Mei 2021, pagi. Tak ada akses komunikasi dan jauhnya lokasi, musibah ini baru dilaporkan kepada petugas BPBD pada siang harinya.

Bangunan SDN 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kabupaten Kolaka

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Beruntung longsor ini terjadi di luar jam pembelajaran anak-anak sekolah hingga tidak menimbulkan adanya korban. "Kejadiannya ini untung anak sekolah sudah pulang semua."

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024