Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 4.000 Meter

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali menunjukkan vulkanik dengan luncurkan awan panas sejauh 4.000 meter dari puncak gunung api, Jumat pagi, 14 Mei 2021.

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sulsel, 8 Warga Meninggal Dunia

"Gunung Sinabung tadi pagi, Pukul 05.43 WIB. Dengan terjadi awan panas guguran 4.000 meter," ungkap Petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra saat dikonfirmasi VIVA, Jumat siang, 14 Mei 2021.

Armen menjelaskan, guguran terjadi dengan Amax 120 durasi 397 detik."Sedangkan angin ke arah timur-tenggara dan angin ke arah timur," kata Armen.

PKB Dorong Edy Rahmayadi Kembali Maju di Pilgub Sumut 2024

?Sementara itu, Gunung Sinabung tersebut masih berada pada status level III atau siaga. Armen mengimbau kepada masyarakat, yang sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," jelas Armen. 

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," sebut Armen.?

Ilustrasi BMKG mendeteksi dini potensi cuaca

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Sebagian masyarakat kerap mengeluhkan tingginya suhu di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Ada dugaan hal itu adalah akibat gelombang panas.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024