Becak Masuk Tol Surabaya-Gresik Ternyata Satu Keluarga Mau Mudik Lokal

Tangkapan layar becak masuk Tol di video yang viral.
Sumber :
  • IST

VIVA – Video yang menggambarkan sebuah becak melintas di jalur bebas hambatan atau tol viral di aplikasi percakapan WhatsApp dan media sosial. Belakangan diketahui, si tukang becak beserta dua penumpangnya itu hendak silaturrahim Lebaran.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Dalam video berdurasi 45 detik itu terlihat si tukang becak berjalan sambil mendorong becaknya. Di depan, dua penumpang laki-laki dan perempuan dengan santai. Sampai di palang pintu tol, petugas berdiri lalu mengarahkan becaknya menepi.

Manajer Humas PT Margabumi Matrajaya Andjar Hari Sutoto menjelaskan, peristiwa menggelikan itu terjadi pada Jumat siang, 14 Mei 2021, sekira pukul 11.00 WIB. Becak itu masuk dari ujung masuk jalur Tol Dupak tanpa palang dan keluar di gerbang Tol Tandes Timur I (KM 2+900).

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

"Itu katanya dari Krembangan menuju ke arah Jalan Margomulyo. Dia mau ke saudaranya. Itu satu keluarga, penumpang dan sopirnya (tukang becaknya). Mau mudik lokal, unjung-unjung (silaturrahim Lebaran)," kata Andjar dihubungi VIVA pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Ia menuturkan, becak itu lolos masuk tol karena memang di jalur masuk Tol Dupak sifatnya terbuka. Selain itu juga tidak ada petugas karenanya tanpa pengawasan. Jarak antara titik becak masuk di Tol sampai pintu Tol Tandes Timur I sekira dua kilometer.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Andjar mengatakan, setelah dihentikan dan dimintai keterangan, pihaknya melepas si tukang becak itu berikut penumpangnya karena pihaknya tidak punya kewenangan untuk melakukan penindakan. Petugas hanya menegur dan memberikan penjelasan bahwa becak dilarang masuk tol.

[dok. Humas PT Waskita Karya]

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengunjungi proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) Seksi 1 di Jambi.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024