Arus Balik, Pengendara di Tol Kalikangkung Dites Antigen

Kendaraan ditempel stiker sebagai tanda lolos administrasi saat arus balik masa larangan mudik.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Arus balik kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Kota Semarang mulai menampakkan peningkatan pada hari ini, Minggu 16 Mei 2021. Terutama kendaraan yang melaju ke arah Jakarta dan kota lainnya di Jawa Barat. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Petugas Satlantas Polrestabes Semarang yang berjaga di Pos Pam Gerbang Tol Kalikangkung pun melakukan pemeriksaan kepada para pengendara yang mengemudikan kendaraan berpelat nomor luar Jawa Tengah. 

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Tak hanya diperiksa surat-surat sebagai persyaratan perjalanan di masa larangan mudik, pengendara juga diminta masuk ke pos pam untuk dites swab antigen oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit menjelaskan, kendaraan yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung ini, diminta untuk berhenti di pospam terpadu untuk pemeriksaan. 

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Pemeriksaan di Pos Pam Kalikangkung melibatkan beberapa unsur gabungan, baik dari petugas kepolisian, TNI, petugas Jasa Marga, petugas kesehatan, dan lain-lain.

"Jika lolos pemeriksaan administrasi dan dilakukan swab antigen, kendaraan tersebut di beri stiker dari Polda Jateng yang menunjukkan telah lolos pemeriksaan. Kemudian dipersilakan untuk melintasi Gerbang Tol Kalikangkung," kata AKBP Sigit saat memantau di Tol Kalikangkung Semarang.

Nantinya stiker tersebut bisa diketahui oleh petugas di perbatasan, bahwa telah lolos pemeriksaan dari kita di Gerbang Tol Kalikangkung.

Dari pantauan di lokasi, ada sejumlah kendaraan yang terpaksa diminta putar balik karena tidak bisa menunjukkan persyaratan yang dibutuhkan.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/tvOne

Baca juga: Kasus Antigen Bekas, Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika Dipecat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya