Kota Bandung Gencarkan Rapid Test Antigen di Objek Wisata

Aparat Satpol PP menertibkan para warga pengunjung Kebun Binatang Kota Bandung untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam satu operasi razia, Minggu, 16 Mei 2021.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Satgas COVID-19 Kota Bandung memperketat tracing dan testing dengan rapid test antigen secara acak di sejumlah kawasan wisata untuk memutus rantai penularan COVID-19 setelah libur lebaran 1442 hijriah. Salah satunya di Kebun Binatang Bandung Jalan Tamansari, Minggu, 16 Mei 2021.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menjelaskan, berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, periode libur panjang selalu diiringi dengan lonjakan kasus penularan corona. "Makanya di libur lebaran beberapa cuti bersama dihapuskan," ujarnya, Senin, 17 Mei 2021.

Yana bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung juga ingin memastikan protokol kesehatan di tempat wisata tetap dijaga, oleh pihak pengelola maupun pengunjung. "Kalau di wahana ini alhamdulillah, karena manajemen juga selalu woro-woro: jangan berkerumun dan pakai masker.”

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Pemkot Bandung bersama TNI, Polri, serta aparat kewilayahan terus mengetatkan setiap tempat wisata, pusat perbelanjaan dan pintu masuk ke Kota Bandung. "Tentunya semua kewilayahan di objek-objek wisata kita betul-betul kendalikan, termasuk jumlah pengunjungnya, prokes-nya, ya," katanya. 

Kepala Dinas Kesehatan dr Ahyani Raksanagara mengungkapkan, lembaganya menargetkan 1.000 orang untuk di-rapid test selama musim libur lebaran. "Di sini (Kebun Binatang) targetnya 400 orang. Totalnya sekarang 450 yang sudah di-rapid test di tempat wisata. Karena landai, ya, di mal juga paling dapat 30 orang," katanya.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Dari 450 orang yang telah di-rapid test antigen, Dinas menemukan 2 orang positif COVID-19 di gerbang tol masuk ke Kota Bandung. Otomatis mereka tidak diizinkan masuk dan langsung diisolasi.

"Kalau nanti ada yang positif di sini (Kebun Binatang), kita akan tracing. Kalau Bandung dia langsung ke Puskesmas dan isolasi; kalau luar Bandung kita kontak sama Dinkes langsung," ujarnya.

Pemerintah terus menerus mengingatkan masyarakat bahwa cara yang paling efektif untuk mencegah penularan COVID-19 ialah dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu menerapkan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya