Pembatasan Berakhir, KRL dari Rangkasbitung Kembali Beroperasi 

Rangkaian KRL Commuter Line melintas dikawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Sehubungan dengan berakhirnya pembatasan operasional selama masa larangan Mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia Commuter kembali operasikan layanan Kereta Rel Listrik (KRL) sampai pukul 22.00 WIB, Selasa 18 Mei 2021.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Selain itu, PT KAI Commuter juga kembali melayani beberapa stasiun yang berada di wilayah non aglomerasi seperti di Kabupaten Lebak, yaitu Stasiun Maja, Citeras dan Rangkasbitung.

"Pengoperasian layanan KRL mulai besok (Selasa) hingga pukul 22.00 WIB dengan jumlah perjalanan sebanyak 984 perjalanan setiap harinya," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di Jakarta, dikutip Selasa 18 Mei 2021.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Untuk itu, dengan adanya frekuensi perjalanan dan jam operasional, KAI Commuter berharap para pengguna dapat merencanakan perjalanannya dengan baik untuk menghindari dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta, serta tidak memaksakan diri untuk naik ke kereta yang telah penuh.

Selama masa libur Lebaran 6–17 Mei 2021, kata dia, KRL Jabodetabek telah melayani setidaknya 3.778.964 pengguna atau rata-rata 314.914 pengguna per hari.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Volume pengguna tertinggi tercatat pada Senin 10 Mei 2021 sejumlah 412.545 orang, sedangkan volume pengguna terendah tercatat pada Rabu 12 Mei 2021 atau satu hari sebelum Idul Fitri sejumlah 212.373 orang.

Meskipun beroperasi dengan pembatasan, selama masa libur Lebaran ini KAI Commuter berusaha meningkatkan layanan kepada para penggunanya.

KAI Commuter mengoperasikan sejumlah perjalanan KRL tambahan mulai 14 Mei 2021 guna mengantisipasi kepadatan para pengguna di masa libur lebaran.

Hasilnya, ujar dia, meski hanya beroperasi hingga pukul 20.00 WIB, KAI Commuter masih menjalankan hingga 900 perjalanan KRL per hari.

Selain itu KAI Commuter juga menggelar tes acak antigen COVID-19 di empat stasiun pada 15-16 Mei 2021. Keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Manggarai, Bogor, Duri, dan Bekasi.

Secara keseluruhan, petugas memeriksa 450 sampel pengguna yang menunjukkan hasil negatif.

Selama masa libur Idul Fitri, menurut dia, lebih dari 4.500 orang petugas pelayanan dan pengamanan KCI ikut melayani masyarakat yang masih menggunakan KRL.

Tugas mereka juga didukung ratusan pegawai manajemen yang terjun ke stasiun-stasiun dalam posko layanan Idul Fitri.

Dengan dukungan dan kolaborasi dari Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah setempat, dan TNI/Polri layanan KRL Jabodetabek pada masa libur Lebaran dapat berlangsung aman dan lancar. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya