RSUD Kudus Siap-siap Terima Lonjakan Pasien COVID-19 Pasca-Lebaran

Petugas RSUD Loekmono Hadi di Kudus, Jawa Tengah, membuka pintu ruang isolasi untuk pasien COVID-19.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, menambah ruang isolasi untuk perawatan pasien COVID-19 guna menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan kasus penularan virus corona.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pengelola rumah sakit memfungsikan kembali ruang perawatan VIP Anggrek 1 dengan kapasitas 16 tempat tidur untuk menambah ruang isolasi karena ruang isolasi pasien COVID-19 yang tersedia sudah hampir penuh.

"Ruang Dahlia yang selama ini disediakan untuk tempat isolasi memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 48 tempat tidur, ditambah di ruang ICU ada 10 tempat tidur. Sedangkan total pasien yang dirawat ada 53 orang," kata Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus Abdul Aziz Achyar di Kudus, Selasa.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ia menambahkan, pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi meliputi 31 pasien yang dikonfirmasi terserang COVID-19 dan 22 pasien suspek COVID-19.

RSUD Loekmono Hadi Kudus tidak lagi menggunakan Ruang Anggrek 1 sebagai tempat isolasi pada awal Maret 2021 karena jumlah pasien COVID-19 yang menjalani perawatan sudah berkurang.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Namun Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus memperkirakan kasus penularan COVID-19 akan kembali meningkat mengingat masih banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan selama libur Lebaran.

Ia memperkirakan puncak peningkatan kasus terjadi 10 hari usai Lebaran, setelah perayaan Lebaran Ketupat.

Sebagai rumah sakit rujukan lini pertama, kata dia, RSUD Kudus harus sigap merespons perkembangan kasus penularan virus corona.

Karena itu, ia melanjutkan, rumah sakit memfungsikan kembali ruang perawatan VIP Anggrek 1 sebagai tempat isolasi dan jika perlu akan menggunakan ruang Melati 2 sebagai tambahan fasilitas isolasi.

Kalau kedua ruang perawatan itu difungsikan sebagai tempat isolasi, maka RSUD Loekmono Hadi bisa menyediakan fasilitas isolasi dengan 108 tempat tidur pasien. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya