Injak Bendera Israel Warga Sedesa Dapat Rp40 Juta Bantu Palestina

Aksi Injak bendera Israel di Bogor.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Berbagai aksi kecaman Israel atas serangan ke negara Palestina datang dari berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Seperti aksi injak bendera Israel oleh warga sedesa di Bogor yang sudah mengumpulkan Rp40 juta lebih untuk membeli sumur wakaf bagi warga Palestina.

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

"Ini sebagai bentuk kecaman keras kami terhadap zionis Israel kami seluruh warga menginjak-injak bendera mereka. Mereka semakin hari semakin brutal karena banyak warga sipil tidak berdosa yang jadi korban. Penderitaan yang dirasakan saudara-saudara di Palestina begitu luar biasa. Karena itu kami melakukan pengalangan dana," kata Kepala Desa Bantarsari, Kabupaten Bogor, Lukmanul Hakim yang juga Koordinator Aksi Injak Bendera Israel, Selasa malam 18 Mei 2021.

Aksi injak bendera Israel diikuti ribuan warga desa yang berada di 8 RW secara sukarela. Masyarakat di setiap RW menyumbang lebih dari Rp5 juta rupiah. 

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Warga berkoordinasi dengan Lembaga Dahwah Strategis untuk menyalurkan bantuan ke Palestina. Saat ini warga sudah menghimpun dana Rp40 juta lebih dengan tujuannya membeli wakaf sumur yang ada di Palestina.

"Karena sumur sumur yang ada di Palestina sudah diracuni oleh Israel. Satu sumurnya seharga Rp190 juta dan kami mengajak desa lain untuk bisa membantu membeli sumur itu. Ini sebagai bukti kepedulian kami sebagai warga di desa bersama lembaga lain untuk menunjukan dukungan kita terhadap Palestina," ungkap Lukman.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Lukman menyampaikan seluruh warga desa mendukung pemerintah Indonesia yang mengecam aksi Israel. Dukungan itu sejalan dengan prinsip kemanusiaan dalam Undang-undang Dasar 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Lukmam mengajak masyarakat membela Palestina karena negara tersebut bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Di mana Palestina negara yang pertama mengakui kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Aksi penggalangan dana ini bagian yang penting yang kami harus lakukan untuk membangun solidaritas kemanusiaan. Karena budi baik dari Bangsa Palestina yang mengakui kedaulatan Indonesia. Kami akan terus berjuang selamatkan Palestina selamatkan masjid Al Aqsha," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya