Cara Unik Penumpang dan Kru Bus di Solo Peringati Kebangkitan Nasional

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Terminal Tirtonadi Solo, Jateng.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis, 20 Mei 2021. Salah satunya seperti yang dilakukan ratusan sopir, kondektur, kernet, penumpang hingga karyawan Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah.

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Mereka mengibarkan bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di terminal kebanggaan Wong Solo itu.

Pantauan VIVA, sejumlah komunitas yang terdiri dari sopir bus, kondektur, kernet, pedagang asongan, poter dan lainnya itu tampak berkumpul di pintu timur Terminal Tirtonadi Solo. Satu per satu anggota komunitas yang menggantungkan mata pencaharian dari terminal itu membawa bendera Merah Putih. Mereka pun berbaur dengan petugas Terminal Tipe A Tirtonadi untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Dishub Depok Akan Datangi PO Bus Lakukan Ramp Check Armada Mudik

Ketika jam menunjukkan pukul 10.00 WIB, mereka langsung ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh petugas terminal dengan pengeras suara. Mereka bersemangat ketika menyanyikan lagu tersebut sambil mengibarkan-ngibarkan bendera Merah Putih.

Saat menyanyikan lagu kebangsaan itu, aktivitas di terminal berhenti. Selain komunitas tersebut, para petugas dan penumpang yang berada di dalam bangunan terminal tampak ikut berdiri khidmat ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah selesai menyanyikan lagu tersebut, mereka kembali melanjutkan aktivitasnya.

Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Besok, Simak Rute, Jadwal dan Cara Daftarnya!

Salah satu kondektur bus Sugeng Rahayu, Muhamad Safak mengaku senang bisa ikut memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama di Terminal Tirtonadi Solo. Untuk mengikuti acara tersebut, ia pun meluangkan waktunya sebentar dengan turun dari bus dan ikut bergabung dengan kru bus lainnya untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

“Ini sangat meriah sekali peringatan Hari Kebangkitan Nasional di terminal. Apalagi yang ikut peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini para kru-kru bus, penumpang dan petugas terminal,” kata dia saat ditemui di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis, 20 Mei 2021.

Ia pun mengaku begitu semangat ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengibar-ngibarkan bendera Merah Putih. Baginya dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei itu, menjadi momen untuk mengingatkan kepada generasi muda terhadap jasa-jasa perjuangan para pahlawan bangsa.

“Harapannya dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini anak-anak muda bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk negara Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengatakan kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang melibatkan semua elemen di terminal merupakan wujud cinta kepada Indonesia. Rasa cinta itu direalisasikan dengan meluangkan waktu untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 10.00 WIB.

“Tadi kami juga sampaikan ke teman-teman di terminal untuk ikut memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Beberapa komunitas seperti sopir, kondektur, kernet, poter dan lainnya itu sangat antusias untuk ikut kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Nasional itu,” ujarnya.

Dengan kegiatan seperti itu, lanjut Joko, pihaknya mengajak kepada para komunitas dan penumpang di terminal itu untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan pada masa lalu. Dengan semangat itu, ia pun mengajak kepada semua komunitas di terminal untuk memupuk rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.

“Kita melihat komunitas  yang ikut itu ada driver, pengasong, kondektur, tukang becak, kuli angkut, pencuci bus, pedagang dan lainnya. Saya memang sengaja mengajak semuanya untuk ikut peringatan Hari Kebangkitan Nasional karena untuk kebersamaan dalam mencintai Tanah Air kembali,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya