GeNose C19, Bukti Indonesia Bisa Maju Meski Dilanda Pandemi

Penumpang Kereta Api (KA) melakukan tes deteksi COVID-19 dengan GeNose C19.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA - Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan, mengatakan makna dari tema Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) adalah mengajarkan masyarakat untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan. Apalagi di tengah pandemi sekarang, menurut Gunawan, tidak menyurutkan semangat Indonesia untuk maju.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Salah satu bukti semangat nasional yang terus terjaga adalah begitu banyak inovasi karya anak bangsa yang muncul ataupun berkembang dari adanya pandemi COVID-19.

“Misalnya GeNose C19 yang merupakan salah satu contoh inovasi anak bangsa yang muncul akibat dari kondisi pandemi. Ini bukti kita tetap bersemangat mengembangkan kemajuan di berbagai bidang, khususnya bidang kesehatan,” kata Gunawan melalui siaran persnya, Kamis, 20 Mei 2021.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Gunawan menambahkan Harkitnas harus menjadi momentum membentuk masyarakat Indonesia yang tangguh. Ketangguhan masyarakat, kata Gunawan, tidak hanya sekadar melawan pandemi semata, tetapi juga tangguh dalam menghadapi beragam tantangan lainnya seperti misinformasi, disinformasi dan hoaks.

Baca juga: GeNose Tengah Mengajukan Izin Agar Lolos SNI

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Gunawan mengajak masyarakat untuk menjaga kesatuan bangsa dengan cara memanfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak.

“Katakan tidak kepada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa dan diisi dengan hal bermanfaat untuk kemajuan ekonomi, secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu,” katanya lagi.

Gunawan juga memaparkan, ketangguhan masyarakat tengah diuji dalam upaya memulihkan ekonomi nasional. Di tengah pandemi, masyarakat bisa menjaga produktivitas dengan memanfaatkan peluang berbisnis di e-commerce.

Bisnis dagang berbasis digital diproyeksi tumbuh hingga Rp337 triliun pada tahun 2021.

“Peningkatan transaksi lewat e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking,” tutur Gunawan.

Dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merajut semangat kebangkitan nasional di tengah pandemi COVID-19. Tema peringatan Harkitnas tahun ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya