Enam Desa di Cilacap Mulai Terdampak Kekeringan

Warga Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, saat mengantre bantuan air bersih yang dikirim oleh aparat BPBD Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, 21 Mei 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy mengemukakan sebanyak enam desa di daerah itu mulai terdampak kekeringan, meskipun belum semua wilayah memasuki musim kemarau.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Hingga hari ini, kami telah mengirimkan bantuan air bersih sebanyak empat tangki untuk warga Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten. Bantuan air bersih untuk lima desa lainnya akan segera kami kirim karena surat permohonannya baru masuk," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, 21 Mei 2021.

Ia mengatakan lima desa lainnya yang surat permohonan bantuan air bersihnya baru diterima BPBD Kabupaten Cilacap terdiri atas Purwodadi dan Rawa Apu di Kecamatan Patimuan serta Cinangsi, Cisumur, dan Gintungreja di Kecamatan Gandrungmangu.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Tetapi bantuan air bersih untuk dua desa di Kecamatan Patimuan akan dikirim pada Senin (24/5), sedangkan untuk tiga desa di Kecamatan Gandrungmangu direncanakan pada Selasa (25/5) dan Rabu (26/5) karena surat permohonan bantuannya baru diterima BPBD Kabupaten Cilacap.

Sesuai dengan prosedur, kata dia, BPBD terlebih dulu akan melakukan asesmen dan survei lokasi berdasarkan surat permohonan bantuan air bersih yang diajukan oleh pemerintah desa atau kecamatan setempat.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Survei lokasi itu, katanya, dilakukan untuk menentukan titik distribusi penyaluran bantuan air bersih agar mudah terjangkau masyarakat dan mempercepat layanan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk lebih efisien dalam menggunakan air bersih mengingat saat sekarang masih awal musim kemarau," kata Tri Komara.

BMKG Stasiun Meterologi Tunggul Wulung Cilacap memprakirakan sebagian kecil wilayah Kabupaten Cilacap memasuki awal musim kemarau pada bulan Mei, sedangkan wilayah lainnya pada bulan Juni.

Pemerintah Kabupaten Cilacap telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp90 juta untuk mengantisipasi bencana kekeringan terutama penyaluran air bersih pada musim kemarau karena daerah rawan kekeringan di wilayah itu mencapai 73 desa yang tersebar di 19 kecamatan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya