Kerumunan Ultah Khofifah, Sekda: Saya Inisiatornya

Pesta ulang tahun Khofifah dan Emil Dardak didatangi banyak orang viral
Sumber :
  • Tiktok @iki_suroboyo

VIVA – Plh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono mengaku sebagai inisiator acara ulang tahun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke-56 di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Rabu malam, 19 Mei 2021, yang videonya viral karena acara itu menimbulkan kerumunan banyak orang. Kata Heru, acara itu bersifat kejutan atau surprise, karenanya Khofifah tidak tahu-menahu soal rencana itu.

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Heru menjelaskan, acara itu hanya dihadiri 30 orang, terdiri dari beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan pegawai. Ditambah petugas Gedung Negara Grahadi, total orang yang hadir di acara itu berjumlah 50 orang. Jumlah itu jauh lebih sedikit dari kapasitas normal Grahadi sebanyak 2000 orang. Karena itu ia menegaskan tidak ada kerumunan dalam acara tersebut.

“Ibu Gubernur pun tidak tahu kalau kita membuat acara. Ini surprise. Karena apa? Ibu Gubernur selalu memberikan perhatian kepada stafnya setiap ulang tahun. Saya ulang tahun diperhatikan,” kata Heru saat diklarifikasi soal video kerumunan ultah Khofifah di kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat, 21 Mei 2021.

Pertama Kali Sejak Menjanda, Irish Bella Gak Kesepian Rayakan Ulang Tahun Tanpa Ammar Zoni

Ia juga menegaskan bahwa semua yang hadir di acara itu sudah menjalani tes usap secara rutin, termasuk sehari sebelum acara kejutan itu dilaksanakan. “Ibu Gubernur sebetulnya tidak mau dengan acara seperti itu. Artinya ini adalah surprise dan dilakukan di rumah pribadi, rumah dinas (Gubernur Khofifah),” tandas Heru.

Ia juga menjelaskan bahwa acara dilaksanakan di ruang terbuka, tepatnya di sisi timur Gedung Negara Grahadi Surabaya yang bersampingan dengan Kalimas. Selain itu, meja dan tempat duduk diatur berjarak dan setiap orang yang datang dipastikan menggunakan masker.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang menggambar kerumunan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, viral di media sosial. Kerumunan itu diduga pesta ulang tahun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa atau Wagub Jatim Emil Dardak pada Rabu malam, 19 Mei 2021.

Video itu mulai tersebar di jejaring WhatsApp dan media sosial sejak Kamis kemarin. Sontak setelah itu sebaran meluas di berbagai aplikasi medsos. Bahkan, akun gosip terkenal, Lambe Turah, ikut-ikutan menyebarkan video tersebut, Jumat, 21 Mei 2021. Tidak keterangan video diikutkan dalam unggahan itu.

Dalam video, terlihat kerumunan banyak orang berada di satu tempat tanpa menjaga jarak. Sajian makanan tertata di meja. Disebutkan bahwa lokasi acara ialah di sisi timur Gedung Grahadi. Sepertinya itu di bagian belakang Gedung Grahadi yang berada tepat di pinggir Kalimas.

Terdengar nyanyian lagu 'Selamat Ulang Tahun' yang dipopulerkan Jamrud. Di video yang disebarkan akun TikTok @iki_suroboyo disebutkan bahwa ada artis yang diundang dalam kegiatan itu, yakni vokalis Kla Project, Katon Bagaskara.

Tidak dijelaskan apakah pesta ultah itu acara Khofifah Indar Parawansa yang berulang tahun pada 19 Mei, atau ultah Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak yang berultah pada 20 Mei. Namun, Kepala Biro Humas Pemprov Jatim Agung Subagyo membenarkan bahwa acara yang viral di medsos itu adalah acara ultah.

Ia menjelaskan, mereka yang hadir adalah para pejabat dan pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim. Agung mengklaim acara sudah sesuai protokol kesehatan. "Semua juga sudah rutin di-swab. Dhaharnya (makannya) juga katering langganan Grahadi yang sudah dipastikan kesehatannya," ujarnya dikonfirmasi wartawan. (oya)

Baca juga: Khofifah Unggah Foto Salat Jumat, Netizen: Cie, yang Habis Ultah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya