KAI Sumut Sediakan Layanan Pemeriksaan GeNose C-19 bagi Penumpang

?Layanan pemeriksaan GeNose C-19 hadir di stasiun Kereta Api di Sumut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) menyediakan pelayanan pemeriksaan GeNose C-19.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

“KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan guna memenuhi syarat bepergian menggunakan moda transportasi KA, khususnya KA antarkota pada masa pandemi Covid-19,” ujar Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat, Minggu, 23 Mei 2021.

Layanan pemeriksaan GeNose C-19 hadir di stasiun Kereta Api di Sumut. Pemeriksaan tersebut, merupakan kewajiban bagi penumpang pengguna KA di provinsi ini dalam perjalanan. 

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

Adapun langkah yang perlu diperhatikan saat melakukan pengambilan sampel menggunakan kantong udara, pada layanan GeNose C-19 yakni melakukan pengambilan nafas yang dalam melalui hidung dan dihembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali.

Selanjutnya, pengambilan nafas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup. Kemudian, pengambilan nafas ketiga dihembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai dengan kondisi kantong udara penuh. Setelah kantong udara terisi penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Daniel mengatakan, pihaknya juga menyiapkan perangkat alat tes GeNose C-19 lengkap dengan fasilitas pendukungnya, seperti 12 buah bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu dan print bagi analis, serta media peraga sebagai alat sosialisasi cara melakukan Tes GeNose C-19 bagi pelanggan KA yang akan memanfaatkan layanan ini.

"Bagi calon penumpang KA Antar Kota yang akan melakukan pemeriksaan tes GeNose C-19 diwajibkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan GeNose Test. Selain itu calon penumpang harus memiliki tiket KA atau kode booking yang telah terbayar lunas sebelum melakukan tes GeNose C-19," ujar Daniel.

Seluruh prosedur tersebut harus dilakukan calon pelanggan dengan teliti dan cermat guna meningkatkan efektifitas dan keakuratan tes GeNose C-19. 

"Karena, apabila hasil tes Genose C-19 menunjukkan hasil positif, maka pelanggan tidak diperkenankan naik KA, serta tiket yang bersangkutan akan dibatalkan," tutur Daniel.

Daniel mengimbau para calon pelanggan yang ingin menggunakan layanan tes GeNose C-19 di stasiun agar merencanakan memanfaatkan layanan pemeriksaan ini dengan cermat. Penumpang juga diimbau untuk menyiapkan uang Rp30.000, untuk pembayaran tes GeNose. 

“Tercatat sejak soft launching layanan pemeriksaan GeNose C-19 kemarin, sudah ada 205 pelanggan KA yang memanfaatkan layanan pemeriksaan ini,” tutur Daniel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya