6 Pengeroyok Pratu Marinir Jehezkial Buron, Diminta Menyerahkan Diri

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Empat pemuda yang biasa beraktivitas di Terminal Purabaya, Bungurasih, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, diringkus polisi gara-gara mengeroyok anggota TNI AL, Pratu Marinir Jehezkial Yusuf Sakan (28 tahun), di pintu keluar terminal hingga terluka, Minggu dini hari, 23 Mei 2021. Hasil penyidikan diketahui, keempatnya merupakan otak aksi brutal tersebut.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

“Yang empat [orang ditangkap] itu otaknya [pengeroyokan]. Ada yang neriakkan maling dan mengeroyok. Sisanya yang masih dikejar itu yang 55 [dikenai Pasal 55 Ayat (1) KUHP/turut serta melakukan pengeroyokan],” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Markas Polda Jatim di Surabaya, Senin, 24 Mei 2021.

Diduga, ada sepuluh orang yang melakukan pengeroyokan terhadap Pratu Jehezkial. Artinya, tersisa enam orang yang masih dalam pengejaran aparat Kepolisian Resor Kota Sidoarjo. Gatot meminta agar mereka yang masih kabur segera menyerahkan diri. “Dari pada ditangkap,” ujarnya.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji menjelaskan, pengeroyokan itu bermula ketika salah seorang pelaku meneriaki korban 'maling' saat melintas di pintu keluar Terminal Purabaya. Teriakan itu memancing orang lain di sekitar dan mengeroyok hingga korban tidak berdaya.

Melihat korban terkapar, warga setempat kemudian melapor ke Kepolisian Sektor Waru. Pihak Polresta Sidoarjo bersama TNI AL kemudian menindaklanjuti laporan tersebut. Tak sampai 24 jam, aparat berhasil menangkap empat pelaku, yakni UNH asal Trenggalek, dan MRT, FCP serta YMK, ketiganya warga Bungurasih, Waru, Sidoarjo.

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

“Ada 10 lebih orang pelaku yang memang sehari-hari membikin resah di kawasan Terminal Bungurasih, dan saat ini kami bersama intel TNI AL berhasil menangkap empat orang pelaku, sedangkan sisanya akan terus kami kejar,” kata Kombes Pol Sumardji kepada wartawan.

Peristiwa dan informasi penangkapan keempat pelaku juga diunggah akun Instagram @infokomando. "Seorang anggota TNI bernama Pratu JYS dikeroyok oleh belasan preman di Jl Letjen Sutoyo Medaeng Waru-Sidoarjo (depan pintu keluar bis), Minggu (23/5/2021)," tulis akun tersebut.

Menurut informasi, lanjut akun Info Komando, pelaku pengeroyokan berjumlah sepuluh orang dan terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. "Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan sudah ada 4 pelaku yang ditangkap dan sisanya masih dalam pengejaran," tulis akun itu.

Info Komando juga meluruskan terkait isu yang menyebutkan pelaku merupakan oknum Brimob. "Adalah hoax sehingga perlu diluruskan untuk menghindari gesekan yang melibatkan TNI-Polri."

Baca juga: 4 Preman Pengeroyok Pratu Marinir Jehezkial Tersangka, Ini Perannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya