Hoax, Gubernur Papua Lukas Enembe Dikabarkan Meninggal

Gubernur Papua Lukas Enembe
Sumber :
  • VIVAnews/Aman Hasibuan

VIVA - Gubernur Papua, Lukas Enembe, dikabarkan meninggal dunia. Kabar yang beredar melalui media sosial dan pesan di aplikasi percakapan itu ternyata hoaks.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Dalam pesan itu dipertanyakan apa benar Gubernur Papua meninggal. Pesan itu beredar sejak Senin, 24 Mei 2021, pagi.

“Info apa benar bapak Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal,” bunyi pesan yang beredar seperti dikutip VIVA.co.id, Selasa, 25 Mei 2021.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus, menyatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe, saat ini sedang menjalani masa perawatan di salah satu rumah sakit Sigapura.

“Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe saat ini sedang menjalani perawatan dan pengobatan di Singapura. Saya mengajak agar seluruh masyarakat Papua terus mendoakan pemimpin kita agar kembali pulih dan dapat menjalankan aktivasinya kembali sebagai kepala daerah,” kata Rifai Darus kepada wartawan di Kantor Gubernur Papua.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Baca juga: Jokowi Izinkan Gubernur Papua Berobat ke Singapura

Ia mengatakan dalam kurun beberapa hari ke belakang, banyak beredar pesan singkat elektronik yang menyiarkan kabar bahwa Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe telah meninggal dunia.

“Saya menyatakan bahwa pesan itu keliru dan sepenuhnya mengandung berita bohong (hoax), untuk itu kepada seluruh masyarakat dihimbau apabila apabila masih menerima pesan demikian agar tindak menyebarluaskannya kembali,” ujar Rifai.

Dia melanjutkan selama gubenur dalam masa perawatan maka fungsi pemerintahan dalam hal ini pemberian pelayanan, pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat terus berlangsung sebagaimana mestinya, dalam suatu sistem pemerintahan yang kuat dan komprehensif oleh berbagai unsur pemerintah provinsi dengan tetap berada dalam garis komando gubernur.

“Saya juga menghimbau agar masyarakat Papua tidak mudah menerima dan menyebarkan pesan singkat elektronik yang belum tentu mengandung kebenaran. Mohon agar kita semua dapat berpedoman pada kabar dan berita yang kredibel dari sejumlah media yang telah melakukan konfirmasi dan peliputan secara aktual,” tuturnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui sejumlah perkembangan dari berbagai platform media sosial resmi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Papua. Rifai Darus mengajak masyarakat bersama-sama cega dan perangi berita bohong (hoax) yang beredar.

“Kita pastikan agar tanah Papua tetap menjadi rumah yang damai bagi seluruh masyarakatnya dan saya berharap kita juga senantiasa terus mendoakan kesembuh bapak Gubernur Papua Lukas Enembe,” kata dia.

Ia menambahkan suasana duka cita telah menyelimuti tanah Papua sepeninggal Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal yang meninggal dunia pada 21 Mei 2021 yang disebabkan oleh sakit yang diderita almarhum selama beberapa tahun terakhir. Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya sahabat baik sekaligus wakil pimpinannya di Pemerintah Provinsi Papua tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya