Jokowi: Kita Percaya Selalu Ada Cahaya Terang sesudah Kegelapan

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE (Buddhist Era) pada Rabu, 26 Mei 2021. Ucapan Jokowi yang disampaikan bagi umat Buddha itu juga menyampaikan rasa simpati karena hari besar keagamaan kini diperingati dalam suasana pandemi COVID-19. 

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

"Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi. Tapi kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan. Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita," ujarnya lewat akun Instagram miliknya, @jokowi, Rabu, 26 Mei 2021.

Ucapan serupa disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut mengucapkan selamat Hari Tri Suci Waisak 2565 kepada seluruh umat Buddha di Indonesia. Dan perayaan hari raya ini, menurutnya, umat Buddha tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

Bunyi Ceramah Khatib di Bantul yang Viral soal Pemilu Curang Picu Jemaah Salat Id Bubar

"Selama dua tahun berturut-turut seluruh peringatan hari besar keagamaan dilaksanakan dalam suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Interaksi sesama umat sebagai wujud rasa syukur dan berkah serta Rahmatullah Tuhan Yang Maha Esa untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi menjadi sangat terbatas. Di sinilah kita sebagai umat beragama di Indonesia diuji untuk bisa memahami dan menjalankan nilai-nilai keagamaan yang kita yakini," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya. 

Yaqut, yang masih menjabat Ketua Umum GP Ansor, mengajak umat Buddha di Indonesia agar dapat turut dalam pengembangan Candi Borobudur sebagai super prioritas. Pemerintah, katanya, sudah mengambil langkah strategis dalam merealisasikan program restorasi Borobudur yang berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan dari situs Borobudur.

Soal Pertemuan Jokowi-Megawati, Istana: Presiden Terbuka untuk Bersilaturami

"Jadikanlah nilai-nilai luhur itu sebagai spirit untuk bangkit dan bersatu. Bersama-sama menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi kunjungan religi agama Buddha dunia," katanya.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Hasto Bilang Anak Ranting PDIP Minta Ketemu Jokowi Sebelum Sowan ke Megawati

Sekjen PDIP menyebut anak ranting PDIP tak rela jika Presiden Jokowi langsung bertemu Megawati Soekarnoputri.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024