Jamaah Masjid Al Jihad Cakung Gelar Salat Gerhana

Salat Sunnah Gerhana Bulan di Cakung.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Rabu, 26 Mei 2021, terjadi peristiwa Gerhana Bulan Total atau GBT, di mana puncaknya terjadi pada pukul 18.18 WIB atau 19:18 WITA dengan jarak 357.464 kilometer dari Bumi. Untuk itu, umat muslim disunnahkan melaksanakan Salat sunnah apabila terjadi gerhana.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Masjid Jami Al Jihad, Cakung, Jakarta Timur menjadi salah satu masjid yang melaksanakan salat sunnah gerhana ini. Salat sunnah gerhana, dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan disediakan handsanitizer untuk menjaga kebersihan.

Pantauan di lokasi, jamaah mulai mendatangi masjid sejak pukul 17.30 WIB dan langsung mengumandangkan takbir dan kalimat tasbih sampai tiba waktu maghrib. Kemudian setelah Salat maghrib dilanjutkan Salat sunnah gerhana yang dilanjutkan dengan khubah Salat

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Dalam kesempatan ini, Khotib K.H Mastur menyampaikan agar umat muslim banyak beristighfar kepada Allah. Menurutnya, fenomena gerhana bulan merupakan kejadian langka, dan gerhana bulan ini erat kaitannya dengan hari kiamat dan hal itu tertulis dalam Al Quran surat Al Qiyamah.

"Manusia bertanya kapan terjadinya kiamat, apabila mata terbelalak merasa takut, dan bulan hilang cahayanya dan terjadi penumpukan dikumpulkan matahari dan bulan menjadi satu dan terjadinya gelap gulita, maka manusia bertanya kemana tempat berlari," ujar Khotib mengutip arti ayat dalam Al Quran.

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Gerhana bulan ini merupakan tanda kebesaran Allah SWT. Maka umat muslim dianjurkan untuk mengagungkan nama Allah dengan bertakbir, dan juga melaksanakan Solat.

"Terjadinya kiamat, semua harta kita sudah tidak ada gunanya lagi. Hari kiamat nanti sedekah kita tak ada yang menerima, jangan kita memuji-muji harta, dan tidak pernah mengeluarkan zakat. Maka akan dimasukkan oleh Allah ke dalam neraka," ujarnya.

Proses Salat sunnah Gerhana ini selesai pada pukul 18.45 WIB dan dilanjutkan dengan menunaikan salat Isya berjamaah. Setelah itu jamaah meninggalkan masjid dengan tertib dan teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya