Fenomena Super Blood Moon yang Membuat Netizen Takjub

Foto gerhana bulan total di Manado.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Fenomena super blood moon atau gerhana bulan total terjadi Rabu 26 Mei 2021 malam. Bulan dengan warna kemerahan bisa disaksikan di berbagai tempat di Tanah Air.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Bahkan, akun media sosial Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengunggah keindahan foto fenomena gerhana bulan total ini. Dari foto yang diambil, bulan membentuk bulatan penuh dengan warna kemerahan.

Foto tersebut diambil tepat pada saat puncak Gerhana Bulan terjadi. Fenomena gerhana bulan ini sendiri merupakan fenomena langka yang tidak terjadi setiap waktu.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dari informasi yang tertulis di foto milik BMKG tersebut, foto diambil di wilayah Manado, Sulawesi Utara. Pengambilan foto dilakukan pada Rabu malam 26 Mei 2021, pada pukul 19.18.47 WITA

Postingan tersebut langsung direspons oleh sejumlah netizen. Bahkan ada beberapa diantaranya yang juga mengirim gambar puncak gerhana bulan di Wilayahnya masing-masing.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"19.18 di Manado juga, tp pake kamera hp, tapi emang lebih cantik diliat pake mata langsung," kata salah satu pengguna twitter  @rib_is_one.

Diberitakan sebelumnya, Rabu, 26 Mei 2021, terjadi peristiwa Gerhana Bulan Total atau GBT, di mana puncaknya terjadi pada pukul 18.18 WIB atau 19:18 WITA dengan jarak 357.464 kilometer dari Bumi.

Sementara untuk puncak Perige atau ketika Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi terjadi pada pukul 08.57 WIB atau 09.57 WITA atau 10.57 WIT dengan jarak 357.316 kilometer dari Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya