Dermaga Ambruk saat Selfi, 5 Wisatawan Tewas Tenggelam

Wisatawan Korban Kapal Tenggelam di Danau Kandi Sawahlunto Sumbar
Sumber :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah

VIVA – Delapan wisatawan, dilaporkan tenggelam di objek Wisata Danau Kandih, Kota Sawahlunto, Sumatra Barat. Lima diantaranya, ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi tewas, dan tiga lainnya berhasil diselamatkan.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Kepala Badan Pelaksana BPBD Sumatera Barat Erman Rahman menyebutkan, peristiwa nahas tersebut terjadi pada Rabu malam 26 Mei 2021. 

Sebelum tenggelam, kedelapan wisatawan itu sempat mengabadikan momen kebersamaan dengan selfi atau berswafoto, di area dermaga Danau Kandih.

Lingkar Gentong Tasikmalaya jadi Lokasi Favorit Pemudik Swafoto saat Arus Balik

Baca juga: Panas, Husein ke Aktivis Pro Israel: Kalau Mau Loncat Jangan Tanggung

“Saat berswafoto itu, tiba-tiba dermaganya ambruk. Kedelapan korban tenggelam ini masih satu keluarga. Danau Kandih ini, merupakan objek Wisata bekas galian tambang batu bara,” kata Erman Rahman, Kamis 27 Mei 2021.

Kemenhub: Enam Jenazah WNI Kecelakaan Kapal di Perairan Jepang Dipulangkan

Jelas Erman, selang tak lama peristiwa itu terjadi, tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI-Polri, PMI dan Basarnas bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan proses pencarian dan evakuasi terhadap seluruh korban.

Dari total delapan korban yang tenggelam, tiga orang berhasil diselamatkan dalam kondisi masih hidup. Sementara lima diantaranya ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia. 

“Proses pencarian dan evakuasi berlangsung hingga dini hari tadi. Seluruh korban sudah ditemukan. Lima meninggal. Sudah dibawa ke rumah duka,” jelas Erman.

Berikut nama Lima korban yang tercatat meningal dunia tersebut:

1. Widya Wulandari (28 tahun)
2. Luffy Septiano (21 tahun)
3. Elia Nelsa Prisanti (17 tahun)
4. Siska Rahayu (26 tahun)
5. Elvi Yendri Tampunik (48 tahun).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya