Mundjidah, Putri Pendiri NU yang Jadi Calon Kuat Ketua PPP Jatim

Mundjidah Wahab Chasbullah.
Sumber :
  • Istimewa/Nur Faishal

VIVA – Putri pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab), Mundjidah Wahab, dikabarkan maju sebagai calon Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur. Mundjidah bakal maju dalam Muswil IX di Surabaya, Jawa Timur, pada 31 Mei - Juni 2021. 

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Ia disebut-sebut calon kuat karena didukung Ketua Umum DPP PPP, Suharso Monoarfa. Adapun Mundjidah kini menjabat sebagai Bupati Jombang. 

Wanita kelahiran 22 Mei 1948 itu juga masih aktif di PPP. Di NU, ia juga aktif sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Jombang. Bakat kepemimpinan dan kecakapan berorganisasi ia peroleh dari ayahnya, Mbah Wahab, dan diasah oleh pengalaman berorganisasi berpuluh-puluh tahun.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Untuk diketahui, salah satu agenda Muswil IV PPP Jatim nanti ialah memilih ketua. Sebelum Mundjidah, nama Khofifah Indar Parawansa sempat mencuat lebih dulu sebelumnya. 

Namun, itu hanya isu. Nama lain yang kemungkinan akan maju sebagai calon ialah Ketua PPP Jatim saat ini, Musyafak Noer. 

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Namun, nama Mundjidah sepertinya potensial karena disebut-sebut didukung Suharso Manoarfa dalam pertemuan di Jakarta pekan lalu. Khofifah, pimpinan tertinggi di organisasi yang digeluti Mundjidah, Muslimat NU, juga disebut-sebut merestui. 

Terkait dukungan Suharso dan Khofifah disampaikan salah satu tokoh PPP, Mujahid Ansori. Dia menilai, Mundjidah cocok menjadi Ketua DPW PPP Jatim karena memiliki pengalaman di pemerintahan, serta merupakan penerus dari ulama karismatik Almaghfurlah Mbah Wahab Chasbullah. 

Mundjidah mengaku siap berkhidmat di PPP. Selain itu, ia mengatakan sudah mendapat dukungan dari beberapa kiai sepuh untuk maju.

“Untuk PPP dan NU saya siap, bukan hanya karena ada dorongan dari Pak Ketum, tapi juga karena dukungan dari para kiai-kiai sepuh. Ke depan mari bersama-sama mewujudkan PPP tetap eksis serta maju berkembang dalam rida Allah rabbul `Izzati," tutur Mundjidah, Kamis, 27 Mei 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya