Cahaya Diduga Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Ini Kata BPPTKG

Rekaman CCTV cahaya jatuh di puncak Gunung Merapi
Sumber :
  • Instagram @bpptkg

VIVA – Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta angkat bicara soal viralnya foto kilatan cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Yogyakarta.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Hasil tangkapan foto tak biasa dari penampakan puncak Gunung Merapi itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @gunarto_song, Jumat 28 Mei 2021.

"Sehubungan dengan berita tersebut dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida kepada awak media dalam keterangannya, Jumat, 28 Mei 2021.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Photo :
  • Instagram @gunarto_song

Meski demikian, ditekankan Hanik, BPPTKG Yogya tidak merekam sinyal yang signifikan dari data kegempaan saat itu. Tidak dilaporkan pula terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Hanik mengungkapkan bahwa tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi. 

“Namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut," ujarnyaz

Dalam kesempatan sama, BPPTKG mengatakan bahwa saat ini aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi yaitu berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran. Tingkat aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya," imbuhnya.

Dari amatan VIVA, video CCTV milik BPPTKG yang merekam gerakan benda jatuh dari langit itu terlihat memutar-mutar tak terarah dan beberapa kali mendekati kamera CCTV. Gerakannya pun cepat. Nampak pula beberapa kali terlihat bulatan cahaya muncul secara tiba-tiba.

Sebelumnya, VIVA sudah meminta izin untuk mengambil foto cahaya jatuh ke Puncak Gunung Merapi milik @gunarto_song tersebut untuk diberitakan. Dalam penjelasannya, foto cahaya jatuh yang diduga meteor itu Gunarto diabadikan pada malam hari.

"Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi ??, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021, Jam 23.07 WIB)," tulis Gunarto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya