Klaster Anak Sumbang Kenaikan Kasus COVID-19 di Bekasi usai Lebaran

Kegiatan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, segera dievaluasi setelah muncul klaster penularan COVID-19 pada anak-anak usai libur Lebaran 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

VIVA – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menyatakan klaster anak turut menyumbang kenaikan kasus COVID-19 di daerah itu usai libur Lebaran tahun ini.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

"Tren kenaikan kasus COVID-19 usai libur Idul Fitri terjadi pada kategori usia anak," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezy Sukrawati di Bekasi, Sabtu, 29 Mei 2021.

Ia menyebut dari total 263 kasus positif COVID-19 di wilayahnya, 19,97 persen di antaranya disumbang dari klaster anak. Padahal sebelumnya kategori anak ini belum pernah menyebabkan klaster baru penyebaran COVID-19 di Kota Bekasi.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Sejauh ini kasus penyebaran COVID-19 di Kota Bekasi didominasi usia produktif yang mencapai 68,72 persen sementara untuk katagori usia lanjut berada di angka 11,31 persen.

Berdasarkan data Satuan Tugas COVID-19 Kota Bekasi, anak-anak itu dipastikan terpapar dari lingkungan internal keluarga. "Makanya kewaspadaan semua pihak benar-benar dibutuhkan," katanya.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Dezy mengatakan tren kenaikan kasus itu berdampak pada keberlanjutan rencana kegiatan belajar tatap muka yang sudah dilakukan di sedikitnya 220 sekolah.

"Sudah kami koordinasikan dan pemerintah daerah akan mengevaluasi secara menyeluruh kegiatan belajar tatap muka," ucapnya.

Dia menyarankan tidak ada penambahan jumlah sekolah tatap muka di Kota Bekasi agar penularan klaster anak dapat dikendalikan. Namun, dia mengingatkan, tiap keluarga juga harus mengedukasi anak dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya