Lecehkan Belasan Anak, Komnas PA Laporkan Pemilik Sekolah di Kota Batu

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat melapor ke Polda Jatim, Sabtu, 29 Mei
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) melaporkan seorang pemilik sekolah di Kota Batu, Jawa Timur, atas tuduhan pelecehan seksual dengan korban belasan siswa ke Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur di Surabaya pada Sabtu, 29 Mei 2021.

Lakukan Pelecehan Seksual pada Penumpang Angkot, Sopir di Aceh Dihukum Cambuk 154 Kali

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, datang langsung ke Polda Jatim untuk melaporkan kasus tersebut. Ikut pula mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, MD Furqon.

"Hari ini begitu menyedihkan bagi Komnas Anak, karena ada sebuah institusi pendidikan yang cukup dikagumi, khususnya di Kota Batu dan masyarakat Jawa Timur. Ternyata sekolah berinisial SPI ini menjadi sumber malapetaka bagi peserta didik di sana, yaitu kejahatan seksual yang dilakukan oleh pemilik SPI berulang-ulang pada puluhan anak-anak," kata Arist Merdeka Sirait. 

Driver Ojol Pelaku Pelecehan Pelajar SMP di Jaktim Ditangkap, Mengaku Sebelumnya Nonton Film Porno

Arist mengatakan pemilik sekolah tersebut melakukan pelecehan seksual terhadap puluhan anak-anak ketika mereka bersekolah di sana. Bahkan setelah mereka lulus sekolah pun pelaku masih melakukan pelecehan seksual.

"Bahkan sampai anak itu lulus dari sekolah itu masih mengalami kejahatan seksual oleh pemilik sekolah itu," ujar Arist. 

Biadab, Ketua LGBT Ini Lalukan Kekerasan Seksual kepada Anak

Laporan kasus itu dilakukan oleh Komnas PA setelah mendapat aduan dari salah seorang korban pekan lalu. Komnas PA menindaklanjuti dan mengumpulkan keterangan.

Hasilnya mencengangkan. Ternyata, korban tidak hanya satu dua orang saja. Tapi jumlahnya belasan bahkan puluhan siswa. 

Arist mengatakan korban berasal dari sejumlah daerah, ada yang dari Palu, Kalimantan Barat, Kudus, Blitar, Kalimantan Timur, dan sebagainya. Korban yang seyogyanya dibantu agar bisa beprestasi dan sebagainya, tetapi malah dieksploitasi secara ekonomi, seksual, dan sebagainya.

Kepala DP3AP2KB Kota Batu, MD Furqon menjelaskan, sekolah yang dikelola terlapor mendisiplinkan diri pada pendidikan kewirausahaan. "Ada pendidikan pertanian, kewirausahaan, bahkan membuat film kemarin terbaik se-Asia Tenggara di mana yang main dari anak-anak siswa sekolah itu sendiri," ujarnya. 

Siswa di sekolah terlapor berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia dan berlatarbelakang agama beda-beda. "Kategori anak orang miskin atau anak yatim atau yatim piatu yang memang ditolong oleh lembaganya, oleh yayasan yang memang secara ekonomi berkecukupan," kata Furqon. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya