11 Terduga Teroris Merauke Terlibat Bom Bunuh Diri Makassar

Kepala Polda Papua Irjan Pol Mathius Fakhiri
Sumber :
  • ANTARA

VIVA - Operasi penangkapan terduga teroris dilakukan kepolisian di Kabupaten Merauke, Papua, secara besar-besaran, pada Jumat, 28 Mei 2021. Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, mengatakan total 11 orang terduga teroris merupakan anggota jaringan Ansharut Daulah.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

“Ke-11 orang terduga teroris ini adalah jaringan kelompok teroris yang melakukan pengeboman di Gereja Katerdal Makassar pada Januari 2021 lalu. Penangkapan kelompok Anshar Daulah terlibat rangkaian kasus bom bunuh diri beberapa bulan lalu di Makassar,” kata Fakhiri, Senin, 31 Mei 2021.

Fakhiri menuturkan para terduga teroris yang ditangkap di Merauke itu sempat berpindah ke Makassar lalu kembali ke Merauke.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

“Terduga teroris sudah lama tinggal di Merauke, bahkan sudah bertahun-tahun. Mereka menetap di Merauke, kemudian kembali ke Makassar melakukan bom bunuh diri,” ujar Fakhiri.

Ia mengatakan terduga teroris tersebut sejak berada di Merauke, mereka memiliki pekerjaan dalam berbagai bidang seperti jadi buruh, tukang.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

“Profesi mereka kebanyakan terlibat dalam kegiatan keagamaan," katanya.

Fakhiri menuturkan kelompok tersebut pada 2019 pernah melakukan aksi pengeboman di Merauke, namun tidak berhasil atau bomnya tidak meledak. Selanjutnya, Densus 88 mengikutinya dan melakukan penyelidikan terkait keberadaan kelompok teroris ini di Merauke.

"Densus 88 terus lakukan monitoring pada kelompok ini dan sudah lama mengetahui kegiatan kelompok ini di Merauke sehingga mereka putuskan menangkap orang yang terkait dengan kasus teror di Makassar," kata dia.

Adapun barang bukti yang disita, kelompok tersebut berupa panah dan senjata api.

Penangkapan 10 orang terduga teroris di Merauke dilakukan pada Jumat, 28 Mei 2021, di empat distrik yakni Distrik Jagebob, Distrik Tanah Miring, Distrik Kurik, dan Distrik Merauke. Mereka yang ditangkap adalah, AK, SB, ZR, UAT, DS, SD, WS, YK, AP dan IK.

Untuk AP dan IK merupakan pasangan suami istri yang telah memiliki seorang anak berusia lima tahun. Ia menambahkan, dari hasil pengembangan, Densus 88 kembali berhasil menangkap satu terduga teroris di Merauke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya