Menteri Tjahjo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kendal

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo resmikan mal pelayanan publik di Kendal.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PAN-)RB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal hari ini, Rabu 2 Juni 2021.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Dalam sambutannya, Tjahjo menyinggung keterkaitan MPP dengan reformasi birokrasi. Menurutnya, reformasi birokrasi tak hanya penyederhanaan, tapi cepat mengambil keputusan, dan cepat dalam memberikan pelayanan.

“Ini bagian dari sebuah proses melayani masyarakat dan proses pengurusan perizinan harus dilakukan dengan cepat, sekali masuk selesai semua," kata Tjahyo.

Tren Investasi sektor Industri Terus Naik, Sinergi Kebijakan Instansi Pemerintah Jadi Sorotan

Ia berharap, sebelum Pilpres 2024, seluruh kabupaten/kota harus sudah mempunyai MPP. Tak harus gedung baru, tapi satu atap sehingga semua harus berlomba dalam menumbuhkan ekonomi yang ada.

Mal Pelayanan Publik Kendal yang diresmikan Men PAN RB Tjahyo Kumolo, menempati bangunan yang sebelumnya menjadi kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). 

Gelar Halal Bihalal, Menaker Minta Pegawai Kemnaker Meningkatkan Etos Kerja dan Pelayanan Masyarakat

Ada 23 instansi yang ada di MPP tersebut. Terdiri dari 6 instansi pusat, 11 instansi daerah, 2 Badan Usaha Milik Negara/Daerah, dan 3 instansi swasta. Jenis layanan yang tersedia di MPP Kendal ada sebanyak 304 layanan.

MPP ini beroperasi pada Senin sampai Kamis pukul 07.30-15.30 WIB. Sedangkan Jumat, beroperasi pukul 07.30-10.30 WIB.

Salah satu keunggulan MPP Kendal adalah melibatkan start up, ojek online (ojol) dan marketplace, dengan tujuan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kendal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya