Tes Antigen dengan Air Keran Hasilnya Positif, Cek Faktanya

Seorang pelanggar protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, di-rapid test antigen dalam operasi yustisi yang dipimpin Bupati pada Rabu, 3 Februari 2021.
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau membantah kabar yang menyatakan bahwa tes antigen dengan menggunakan air keran, kemudian hasilnya positif.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Rabu, 2 Juni 2021, menyampaikan bahwa bantahan itu disampaikan atas video yang bersumber dari @kapten.jacksparrow yang beredar di media sosial.

Arif mengajak masyarakat untuk tidak peduli terhadap video itu, karena hal itu merupakan informasi yang tidak benar.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

"Video seperti itu, terutama terkait COVID-19, sudah banyak beredar. Tidak perlu ditanggapi," katanya, saat didampingi mantan Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana

Arif menambahkan video-video seperti itu kerap meresahkan masyarakat dan menimbulkan rasa khawatir dan tidak percaya terhadap hasil tes antigen. Padahal berdasarkan hasil penelitian kesehatan, tingkat akurasi antigen mencapai 90 persen.

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

Video berdurasi 2,50 menit tersebut diduga hanya ingin mencari sensasi agar orang menyaksikannya. Makin banyak orang yang menyaksikan video hoaks itu, maka orang yang mengunggah video itu di media sosial maupun Youtube mendapatkan keuntungan.

"Saya sendiri menghindari menonton video hoaks. Mari kita bersama-sama mencerdaskan masyarakat dengan menyajikan informasi yang benar," ucapnya.

Arif, yang juga Sekretaris Daerah Kepri, mengemukakan tes antigen saat ini lebih banyak digunakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan. Tes antigen yang cepat akan mempercepat pula pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kalau menunggu hasil tes PCR, cukup lama, bisa sampai sepekan. Karena itu tes antigen dipergunakan sekarang untuk mempercepat proses pelayanan kesehatan," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya