Besok Menag Umumkan Jamaah Haji 2021 Diberangkatkan atau Tidak

Ilustrasi jemaah haji
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Keputusan pemerintah apakah akan memberangkatkan jamaah haji tahun 2021, akan diumumkan pada Kamis besok 3 Juni 2021. Itu setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggelar rapat dengan Komisi VIII DPR secara tertutup pada Rabu 2 Juni 2021.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

Menurut Yaqut, semua hal sudah dibahas mengenai pelaksanaan haji 2021. Kemenag dan DPR juga sudah mengambil satu kesimpulan dalam rapat tertutup tersebut, namun tidak bisa diumumkan hari ini apa yang menjadi kesimpulan rapat.

"Bersama seluruh anggota Komisi VIII tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah haji mulai A sampai Z. Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insya Allah besok siang akan kami umumkan di kantor Kemenag di Thamrin," kata Yaqut di Gedung DPR, Rabu 2 Juni 2021.

Siap Layani Jemaah Haji, 644 Tenaga Pendukung PPIH Jalani Bimbingan Teknis

Baca juga: Marah-marah ke Menteri Risma, PDIP Cabut Dukungan ke Bupati Alor

Yaqut meminta seluruh pihak agar bersabar, menunggu pengumuman Kemenag besok. Seperti apa kesimpulan yang diambil pemerintah dalam pelaksanaan ibadah haji 2021 ini.

554 Kloter Jemaah Haji Reguler Sudah Dirilis, Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, meminta publik bersabar menunggu pengumuman resmi Menteri Agama besok.

"Tadi saya memimpin rapat secara tertutup. Pembicaraan dari hati ke hati. Maka besok kami dengan Pak Menteri akan mengumumkan pelaksanaan haji tahun ini," ujarnya.

Seperti diketahui, sampai dengan saat ini pemerintah belum memastikan apakah akan mengirimkan jamaah haji tahun 2021 ini atau tidak. Seharusnya memang sudah ada keputusan resmi pemerintah pasca Idul Fitri. Seperti sebelumnya, karena pandemi hingga memberikan keputusan untuk menunda haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya