Guru Besar Unhan Ungkap Urgensi Perpres Alpalhankam di Tengah Pandemi

Laksamana Madya Dr. Amarulla Octavian sebagai Profesor (Guru Besar Tetap) Unhan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Profesor Dr. Amarulla Octavian, guru besar ilmu pertahanan bidang sosiologi keamanan Universitas Pertahanan (Unhan), menilai urgensi rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) di tengah pandemi COVID-19 sangat tinggi. 

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Menurut pria yang juga Rektor Unhan tersebut justru ketahanan dan keamanan harus tetap siaga. "Ya kalau urgensinya tetap tinggi. Jangan sampai kita dengan adanya pandemi COVID-19 kita lupa dengan sistem ketahanan dan keamanan," ujarnya usai dikukuhkan sebagai guru besar ilmu pertahanan bidang sosiologi keamanan di Universitas Pertahanan, Kamis, 3 Juni 2021.

Justru, lanjut dia, di tengah pandemi COVID-19 ini sistem pertahanan keamanan rakyat semesta Indonesia tengah diuji. Oleh karena itu, pertahanan dan keamanan Republik Indonesia harus tetap siaga.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta kita diuji bagaimana Universitas Pertahanan, bagaimana Kementerian Pertahanan, bagaimana Mabes TNI, Mabes Angkatan, Mabes Polri semuanya tetap siap menjaga pertahanan dan keamanan di Republik Indonesia. Kita tidak boleh lengah. Kita memang fokus menghadapi pandemi COVID-19 tetapi pertahanan harus tetap siaga," ujar Amarulla.

Sebelumnya, Universitas Pertahanan (Unhan) mengukuhkan Laksamana Madya Dr. Amarulla Octavian sebagai Profesor (Guru Besar Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Sosiologi Keamanan Fakultas Keamanan Nasional (FKN) dalam sidang senat terbuka, Kamis, 3 Juni  2021.  

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sidang senat dibuka Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana Prof Marsetio dan dihadiri Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra di Gedung Aula Merah Putih, Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat.
 

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024