Kecurigaan ICW soal Diskon Sewa Helikopter Firli Bahuri

ICW laporkan Firli Bahuri ke Bareskrim Polri.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan kalau salah satu Komisaris PT Air Pasifik Utama (APU) selaku penyedia jasa sewa helikopter kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri pernah diperiksa soal kasus korupsi.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Menurut Divisi Investigasi ICW, Wana Alamsyah hal tersebut diketahui lewat hasil investigasi yang dilakukan. Kata dia, yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait pengurusan izin Meikarta yang menyeret mantan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin.

Meski begitu, dirinya belum tahu pasti adakah keterlibatan kasus Meikarta itu dengan dugaan gratifikasi berupa diskon sewa helikopter yang diterima Firli.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Kami lakukan investigasi, bahwa salah satu komisaris yang ada di dalam perusahaan PT Air Pasifik Utama merupakan atau pernah dipanggil menjadi saksi dalam kasusnya Bupati Bekasi, Neneng terkait dengan dugaan suap pemberian izin di Meikarta," ucapnya di Gedung Bareskrim Polri, Kamis 3 Juni 2021.

Kata dia, sedikitnya ada sembilan perusahaan penyedia jasa sewa helikopter serupa dengan PT Air Pasifik Utama yang berpeluang disewa Firli. Maka dari itu, patut dicurigai apa sesungguhnya dasar atau alasan Firli memilih PT Air Pasifik Utama.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

"Dan kami pun mempertanyakan mengapa Dewas (KPK) tidak melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap informasi yang disampaikan oleh Firli Bahuri," kata Wana.

Sebelumnya diberitakan, Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) mendatangi Badan Reserse Kriminal Polri guna memberi informasi terkait dugaan gratifikasi penyewaan helikopter yang disinyalir ICW diterima oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri.

"ICW pada hari ini menyampaikan informasi dan laporan terkait dengan dugaan kasus penerimaan gratifikasi yang diterima oleh ketua KPK Firli Bahuri terkait dengan penyewaan helikopter," ucap anggota Divisi Investigasi ICW, Wana Alamsyah di Gedung Bareskrim Polri, Kamis 3 Juni 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya