Prof Mochtar Dimakamkan di TMP Kalibata, Wamenlu Kenang Jasa Beliau

Pemakaman Profesor Mochtar Kusumaatmadja.
Sumber :
  • Vicky Fazri/VIVA.

VIVA – Jenazah Profesor Mochtar Kusumaatmadja telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tempat Makam Pahlawan atau TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Minggu sore, 6 Juni 2021

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Dari pantauan VIVA di lokasi sore tadi, upacara pemakaman Prof Mochtar Kusumaatmadja dilakukan secara militer di TMP Kalibata. Upacara pemakaman yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Mahendra Siregar berlangsung dengan khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, tampak dari pihak keluarga almarhum maupun kolega di pemerintahan turut hadir dalam proses pemakaman. Mahendra Siregar mengatakan kabar duka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya almarhum Prof Mochtar Kusumaatmadja.

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

“Pertama tentu kami atas nama Kementerian Luar Negeri dan seluruh keluarga besar menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya bapak Mochtar Kusumaatmadja yang adalah menteri luar negeri untuk 2 periode,” ujar Mahendra seusai memimpin upacara pemakaman di lokasi, Minggu, 6 Juni 2021

Dikatakan Mahendra, selain pernah menjabat sebagai menteri kehakiman, almarhum juga dikenal sebagai orang Indonesia pertama yang dipilih sebagai anggota komisi hukum internasional dan berjasa bagi negara kepulauan seperti indonesia.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

“Dan yang sangat luar biasa adalah beliau pelopor pejuang sehingga konsep dan pemahaman negara kepulauan itu diakui oleh dunia internasional. Beliau adalah pemegang bintang Mahaputra Adipradana dan merupakan orang Indonesia pertama yang terpilih sebagai anggota komisi hukum internasional,” terang Mahendra

“Jadi lengkap beliau sebagai pejabat, pejuang di bidang yang penting bagi negara kepulauan seperti Indonesia akademisi ilmuwan dan tentu pakar internasional kami semua berupaya untuk menjadikan beliau sebagai contoh tauladan kita semua,” terang dia lagi.

Untuk diketahui Prof Mochtar Kusumaatmadja meninggal diusia 92 tahun pada hari Minggu pagi dikarenakan sakit. Almarhum diketahui meninggalkan dua orang putra dan satu orang putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya