Logo ABC

Keluarga Korban Lion Air Gugat Pengacara di AS, Penggelapan Uang

Setelah ibunya menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Lion Air, Bias Ramadhan bersama sejumlah keluarga korban lainnya menuntut ganti rugi ke Boeing melalui pengacara Tom Giraldi. (Supplied: Bias Ramadhan)
Setelah ibunya menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Lion Air, Bias Ramadhan bersama sejumlah keluarga korban lainnya menuntut ganti rugi ke Boeing melalui pengacara Tom Giraldi. (Supplied: Bias Ramadhan)
Sumber :
  • abc

Sebelum jasad ibunya berhasil diidentifikasi dalam kecelakaan pesawat Lion Air, Bias Ramadhan telah ditelepon oleh delapan firma hukum yang menawarkan jasa untuk menggugat ganti rugi jutaan dolar.

Ibu Bias yang bernama Hasnawati binti Nawazar merupakan salah satu korban kecelakaan yang terjadi pada 29 Oktober 2018. 

Hasnawati yang semasa hidupnya merupakan seorang hakim, terbang dari Jakarta ke Pangkal Pinang setiap hari Senin untuk menjalankan tugasnya di sana.

Namun pesawat Boeing 737 MAX yang dia tumpangi hari itu jatuh ke Laut Jawa selang beberapa menit setelah lepas landas, sehingga menewaskan 189 penumpang dan awak Lion Air.

Di tengah suasana dukacita keluarga yang ditinggalkan, para pengacara mulai berdatangan dan mengincar peluang bisnis berupa gugatan ganti rugi.

Sebagai anak tertua, Bias harus menentukan pengacara mana yang akan mewakili keluarganya.

Dia akhirnya memilih Tom Girardi, salah satu pendiri firma hukum Girardi Keese di California, Amerika Serikat, yang berjanji untuk mendapatkan pembayaran terbaik untuknya dan ketiga adiknya.

"Semua yang saya teliti secara online tentang perusahaan itu bagus adanya. Bahwa dia pengacara terbaik, firma hukum terbaik di Amerika," ujar Bias kepada ABC.

"Mereka menyampaikan jika mereka bisa mendapatkan keadilan untuk saya, yang tidak akan pernah diperoleh di sini di Indonesia," tambahnya.

Bahkan atas rekomendasi Bias, empat keluarga korban lainnya juga mendaftar dengan firma hukum Girardi Keese.

Namun, dua setengah tahun setelah kecelakaan itu, keluarga Bias dan keluarga empat korban lainnya masih menunggu sebagian uang ganti rugi mereka.

Para keluarga korban ini sekarang menggugat Tom Girardi, dengan tuduhan menggelapkan jutaan dolar uang ganti rugi yang disetujui Boeing untuk Bias dan empat keluarga lainnya.

Ke mana uang ganti rugi mengalir?

Firma hukum Girardi Keese memiliki rekam jejak yang mengesankan.

Keluarga korban Lion Air tidak meragukan kemampuan Tom Girardi mengurus kasus ganti rugi ini.