Didukung Relawan Jokowi, Ganjar: Capres Urusan Ketua Umum PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Relawan Jokowi Mania atau JoMan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres di Pemilu 2024. Ganjar pun memberikan tanggapan soal suara dukungan terhadapnya. Menurut dia, bicara soal maju di 2024 masih terlalu dini.

Harapan Ganjar Pranowo di Idul Fitri 2024: Harus Jalani Kehidupan dengan Lebih Baik

"Ya, yang pertama buat saya terlalu dini. Yang kedua, kami punya tanggung jawab untuk membereskan COVID-19 dulu. Apalagi sampai hari ini terjadi kenaikan eksponensial," kata Ganjar dalam Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA, Selasa, 8 Juni 2021.

Dia menekankan urusan capres dari PDIP bukan kewenangannya yang hanya kader menjabat Gubernur Jawa Tengah. Namun, penentuan capres dari PDIP ditentukan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Respons Airlangga soal Isu Prabowo Bakal Bertemu Megawati

"Seluruh anggota PDI Perjuangan tahu persis bahwa urusan capres itu bukan urusan Ganjar dan bukan urusan gubernur tapi ini urusan ketua umum yang sudah didelegasikan pada kongres ke V," tutur Ganjar.

Pun, ia tak mau geer dengan sejumlah survei yang menempatkan dirinya selalu masuk tiga besar sebagai figur kandidat capres. Ia bilang masih punya tugas untuk menyelesaikan amanah.

JK soal Rosan Sowan ke Megawati: Pertanda Baik

Bagi Ganjar, saat ini, ia hanya memprioritaskan tugasnya sebagai Gubernur Jateng soal penanganan pandemi COVID-19.

"Kami punya tugas untuk selesaikan amanah yang diberikan di masing-masing kami sebagai kader. Ada gubernur, ada bupati, ada wali kota, mungkin ada yang jadi menteri. Ada yang struktural partai, ada di DPR, DPRD. Dan, itu tugas yang mesti diselesaikan sehingga saya lebih tertarik berkonsentrasi menangani pandemi ini," ujar eks Anggota DPR itu.

Meski demikian, ia menghormati suara dukungan terhadapnya yang disampaikan JoMan. Tapi, ia menekankan sekali lagi saat ini sebagai kepala daerah perlu konsentrasi mengurusi pandemi.

"Ya tentu saya menghormati seluruh suara. Tapi, buat saya sendiri rasanya malu-malu mba kalau saya bicara itu. Rasa-rasanya Ganjar tidak hebat menangani pandemi, Ganjar tidak hebat menanangani ekonomi pasca pandemi," jelas Ganjar.

Sebelumnya, Ketua JoMan, Immanuel Ebenezer menyampaikan pihaknya siap menggalang dukungan untuk Ganjar demi Pilpres 2024. Noel, sapaan akrabnya, mengklaim sebagian besar relawan Jokowi saat ini mendukung Ganjar sebagai capres di 2024. 

Namun, ia sadar relawan bukan partai yang bisa mengusung figur capres. Noel mengatakan punya hak menyampaikan dukungan terhadap Ganjar. Bagi dia, Ganjar adalah figur yang hampir mendekati Jokowi sehingga didukung JoMan.
 
"Saya yakinkan sekali lagi ke kawan saya Masinton Pasaribu, bahwa 99 persen relawan akan mendukung mas Ganjar. 99 persen akan mendukung mas Ganjar sebagai capres 2024," kata Noel, dalam Kabar Petang tvOne, Rabu, 2 Juni 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya