Masjid Agung Bandung Kini Dilengkapi Mesin Air Minum buat Ribuan Orang

Pengelola Masjid Agung Bandung, Jawa Barat, menerima bantuan alat filtrasi air untuk air minum jemaah masjid itu.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Masjid Agung Bandung, Jawa Barat, mendapatkan bantuan mesin air minum yang siap dioperasikan mampu memenuhi kebutuhan air minum jemaah, dengan kapasitas maksimum 14 ribu orang.

Pakar Ungkap Lokasi Sumber Air yang Bagus untuk Dikonsumsi

Mesin air minum jenis reverse osmosis (RO) ini merupakan alat filtrasi air dengan sumber airnya bisa berasal dari mana pun. Air itu kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menjadi higinis dan layak minum.

"Semoga dengan dipasangnya wakaf mesin air minum di Masjid Agung Bandung ini dapat bermanfaat bagi warga bandung dan wisatawan. Kami harap para pengusaha berkolaborasi untuk memfasilitasi air minum gratis di sarana publik lainnya," kata Mella Arianti, pemilik brand hijab Famouscarf, di Bandung, Senin, 7 Juni 2021.

PDAM Tirta Moedal Semarang Jadi Pilot Project Perusahaan Berkemandirian Finansial di RI

Dia berharap, ketersediaan mesin air minum itu memotivasi warga untuk lebih menghidupkan aktivitas ibadah di masjid. Sebab, ketersediaan mesin itu membuat pengunjung masjid ataupun jemaah sekitar hanya perlu membawa tempat minum kosong atau tumblr dan melakukan isi ulang air kapan pun mereka membutuhkannya. Pihak yang terlibat dalam bantuan ini di antaranya Wakaf Salman ITB, Hijabfest, dan Famouscarf.

Mesin pemurni air itu dipasang di salah satu sudut strategis Masjid Agung Raya Bandung. Masjid Agung Raya Bandung dipilih karena masjid itu termasuk masjid yang sering dikunjungi oleh para warga Jawa Barat. Selain mobilitas tinggi di sekitar, masjid ini juga menjadi tujuan kedatangan maupun tempat ibadah dari para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

YLKI dan BPKN Desak BPOM Teliti Kandungan Bromat di Air Minum Kemasan

Direktur Wakaf Salman, M. Khirzan N. Noe'man, menambahkan, penyediaan mesin air minum itu ditargetkan disebar ke masjid-masjid besar di Jawa Barat untuk menambah kenyamanan jemaah.

"Harapannya, kita bersama-sama bisa mengawal, mempromosikan dan membantu program wakaf mesin air minum seperti ini untuk terus disebarkan di titik-titik strategis Kota Bandung dan Jawa Barat. Dengan begitu, kita bisa selevel dengan kota-kota besar di luar negeri yang menyediakan air siap minum di sarana umum dan manfaatnya bisa dirasakan oleh wargi bandung yang tercinta khususnya, maupun para pendatang atau wisatawan yang datang ke Bandung," katanya.

Ilustrasi minum air/air putih.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Biasanya, senyawa bromat ini lebih banyak terdapat dalam air kemasan yang sumber airnya telah tercemar limbah industri atau pabrik. Bergantung pada lingkungan sumber air.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024