Satu SMA Siap Belajar Tatap Muka, Ternyata 27 Siswa Positif COVID-19

Ilustrasi swab test virus corona.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat, merilis informasi bahwa 27 siswa SMA Negeri I di kota itu positif terinfeksi COVID-19 sehingga sekolah itu segera ditutup untuk sementara waktu.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Puluhan siswa yang terinfeksi virus corona itu awalnya diketahui setelah diselenggarakan pemeriksaan secara cepat (rapid test) dengan antigen pada akhir bulan Mei, sebagai syarat untuk memulai aktivitas sekolah atau pembelajaran secara tatap muka.

Berdasarkan hasil rapid test kepada 251 siswa, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Ali Tabrani, tiga siswa reaktif. Mereka kemudian diperiksa ulang dengan metode yang lebih akurat, yakni PCR, dan hasil memang positif COVID-19.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Untuk mencegah penularan kian masif, pihak sekolah berkerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menelusuri siswa lain yang berkemungkinan berkontak erat dengan ketiga pelajar yang terinfeksi corona. Hasilnya, dua siswa terjangkit juga.

“Tracing terus dilakukan hingga akhirnya sampai hari ini total ada 27 siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang yang dinyatakan positif terinfeksi [virus corona],” ujar Ali, Selasa, 8 Juni 2021.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Semua pelajar yang terjangkit telah diisolasi dan dirawat di ruangan khusus di sekolah. Khusus pelajar peremuan putri ada yang diisolasi di rumah masing-masing dan dalam pengawasan dan perawatan yang intensif.

“Meski ada klaster [penularan COVID-19], tidak mengganggu proses belajar mengajar tatap muka di sekolah yang lain. Sampai kini, sekolah lain yang ada di Kota Padang Panjang, menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Ali.

CCTV pelajar SMP dianiaya sesama pelajar di Makassar.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Aksi biadab dilakukan sejumlah pelajar SMP dan SMA. Mereka melakukan penganiayaan dan pengeroyokan terhadap seorang pelajar SMP. Peristiwa ini pun viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024