PSU Pilkada Labuhan Batu Kedua Kali Akan Digelar 19 Juni 2021

Ilustrasi warga mengikuti pemungutan suara ulang pemilihan umum (pemilu) 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhan Batu siap melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Labuhan Batu 2020 di dua TPS, yakni TPS 007 dan 009 di Desa Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan. Sesuai dengan jadwal pilkada akan digelar, Sabtu, 19 Juni 2021.

Tim Ganjar-Mahfud Minta ke MK Pemilu Ulang 26 Juni dan Hanya Diikuti Bersama Anies-Cak Imin

"Persiapan sudah 90 persen, dengan persiapan dilakukan KPU Labuhan Batu untuk jadwal dan tahapan sesuai dengan evaluasi dilaksanakan 19 Juni 2021," ujar Ketua KPU Provinsi Sumut, Herdensi Adnin saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 8 Juni 2021.

Herdensi menjelaskan, hasil koordinasi dengan KPUD Labuhan Batu untuk kebutuhan logistik berupa surat suara hingga perlengkapan protokol kesehatan di TPS sudah disiapkan, termasuk berkordinasi dengan pihak pasangan calon hingga kepolisian untuk pengamanan saat PSU.

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

"Untuk petugas KPPS hingga PPK bisa diganti sesuai dengan PKPU. Namun, waktu sempit dan sesuai evaluasi tidak diganti," kata Herdensi.

Herdensi menjelaskan, pihaknya menghargai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan sengketa Pilkada Labuhan Batu diajukan pasangan calon. Namun, hal ini, menjadi catat bagi KPU dalam melaksanakan hajatan Pilkada serentak ke depannya.

Bawaslu Kaji Dugaan Intimidasi saat PSU di Kuala Lumpur Malaysia

"Aku kira, menghargai putusan MK. Undang-undang mengadili perselisihan pilkada kita akan dijalankan. Untuk evaluasi Labuhan batu ke depannya," ujarnya.

Sebelumnya, perintah PSU kedua kalinya di 2 TPS ini merupakan amar putusan MK terhadap permohonan sengketa yang diajukan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunte-Faizal. 

Pasangan ini tak terima berbalik kalah suara setelah pelaksanaan PSU di 9 TPS di Pilkada Labuhanbatu. Dari 9 TPS yang melaksanakan PSU, pasangan yang diusung Golkar ini hanya menang di 1 TPS. 

Sementara pasangan nomor urut 2 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil unggul di 8 TPS.  

Rapat pleno rekapitulasi KPU Labuhanbatu yang digelar Selasa, 27 April 2021 menetapkan perolehan lima pasangan calon yakni nomor urut 1 Tigor Panusunan Siregar-Idlinsah Harahap memperoleh 19.552 suara, nomor urut 2 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar memperoleh 88.493 suara. 

Sementara pasangan nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar memperoleh 88.183 suara, pasangan nomor urut 4 Abdul Roni-Ahmad Jais memperoleh 28.349 suara dan pasangan Suhari Pane-Irwan Indra memperoleh 12.736 suara.

Selisih suara antara pasangan nomor urut 2 dan 3 sebesar 310 suara. Sementara jumlah pemilih dalam DPT di 2 TPS yang akan melaksanakan PSU yakni TPS 007 dan TPS 009 sebanyak 941 pemilih.

Pada PSU 24 April lalu, pasangan nomor urut 2 Erik-Ellya memperoleh 272 suara di TPS 007 dan memperoleh 280 suara di TPS 009. Sementara pasangan nomor urut 3 Andi-Faizal memperoleh 181 suara di TPS 007 dan 114 suara di TPS 009.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya