PPDB Online Sumut Gangguan, Para Orangtua Panik 'Serbu' Disdik

PPDB online di Sumut alami gangguan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ajaran 2021/2021 mengalami gangguan dan terkesan amburadul. Atas hal itu, orangtua siswa menyerbu kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara di Jalan Teuku Cik Ditiro, Kota Medan, Selasa 8 Juni 2021.

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Akibat dari gangguan tersebut para calon peserta gagal melakukan pendaftaran secara online. Para orangtua mengeluhkan gangguan aplikasi PPDB online pada kolom jalur prestasi. ?Kemudian mereka mendatangi Kantor Disdik Sumut yang didominasi para orangtua siswa yang ingin mendaftarkan  ke SMA Negeri 1 Medan. 

Yang mana sebelumnya para orangtua siswa terlebih dahulu mencari informasi dengan mendatangi langsung sekolah SMA Negeri 1 Medan yang letaknya berada tempat di samping Kantor Disdik Sumut.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

"Saya datang langsung ke Kantor Disdik Sumut ini, ingin mencari informasi langsung. Kenapa dan ada apa PPBD online tidak bisa diakses di bagian kolom jalur prestasi untuk di SMA Negeri 1 Medan," sebut seorang tua siswa, Meri Ginting kepada wartawan di kantor Disdik Sumut, Medan pada Selasa, 8 Juni 2021.

Anehnya alam aplikasi PPBD online tersebut, sejumlah orangtua siswa hanya menemukan SMA Negeri 1 Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. SMA Negeri 1 Medan tidak ditemukan dalam sistem tersebut.

Berikan Insentif Bagi Mitra Kerjanya, Menaker Ida Beri Apresiasi ke Perusahaan Aplikator

"Informasi minim disampaikan, karena tidak bisa kita menanyakan apa mau ditanyakan kepada Google," sebut orangtua siswa, Febrina di SMA Negeri 1 Medan.

Febrina mengatakan hal ini seharusnya menjadi catatan dan evaluasi kepada Disdik Sumut untuk memberikan pelayanan terbaik dan informasi yang jelas dan detail dalam aplikasi PPDB online tersebut.

"Tapi, saya bukan karena server (aplikasi) rusak. Tapi, saya butuh data detail.karena tidak terdta di google. Menurut saya disdik perlu di evaluasi harus lah dibuat data akurat lebih detail jadi masyarakat itu. Sekarang kan jaman mudah kenapa gak terbuka aja semua ini," tutur Febri.?

Di Kantor Disdik para orang tua dikumpulkan di Aula untuk diberikan pengarahan mendaftar PPDB secara online. Dari pantauan VIVA, jumlah orangtua yang cukup banyak tidak sebanding dengan petugas PPDB sendiri untuk memberikan penjelasan secara detail.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Sumut, Prof.Syaifuddin yang ada dalam pengarahan kepada orangtua siswa menolak untuk diwawancarai wartawan."Tidak-tidak, maaf," kata Syaifuddin.

Syaifuddin mengarahkan wartawan untuk mewawancari pantia PPDB Disdik Sumut. Ia pun berlalu meninggal wartawan yang hendak meminta komentar soal gangguan sistem PPDB online tersebut.

Sekretaris Panitia PPDB Disdik Sumut, Suhendri membantah ada gangguan terjadi pada sistem PPDB online. Ia beralasan banyak orangtua siswa melakukan pendaftaran dengan membuka aplikasi melalui dari handpone bukan dari laptop atau komputer.

"Orangtua yang hadir kita support kita edukasi karena mungkin ada kendala. Karena itu kira edukasi membantu masyarakat agar lebih mudah akses. Tapi intimya Dinas Pendidikan tidak akan merugikan peserta didik. Sehingga kita berharap masalah yang dihadapi bisa di-clearkan masyarakat kita harapkan menjadi corong yang menyampaikan kendala yang mereka sampaikan hari ini," kata Suhendri.

Suhendri juga membantah terkait keluhan orang tua siswa terhadap kolom jalur prestasi ?di SMA Negeri 1 Medan, yang tidak ditemukan dalam aplikasi tersebut. Ia mengatakan orang tua siswa atau calon peserta saat registrasi ada tidak sesuai.

"Artinya kalau  muncul tidak sesuai pilihan atau salah  atau tidak kelihatan karena sistem registrasinya belum lengkap belum sempurna. Itu lah jadi kendalan awal karena di history kemudian belum dihapus oleh masyarakat kita. Sehingga yang muncul pendaftaran yang belum valid. Tapi tadi beberapa sudah kita lakukan edukasi coba membantu. Alhamdulillah sudah clear beberapa masyarakat sudah kembali lagi dan pendaftarannya dianggap valid," jelas Suhendri.

?Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan Sabar mengaku banyak orangtua berdatangan ke sekolah itu untuk mencari informasi. Oleh sebab itu SMA Negeri 1 Medan membukan posko informasi.

"Kami temui (laporan orang tua siswa), daftar di SMA 1, keluar sekolah lain. Jadi, kita hanya menginformasikan saja. Kalau kendala bukan wewenang kami," ucap Sabar.

Sabar mengakui ada gangguan pada sistem PPDB tersebut. Sehingga posko mereka buka memberikan informasi serta mengarahkan orang tua untuk bertanya langsung kepada Disdik Sumut sebagai operator dalam pelaksanaan PPDB online 2021.

"Kami SMA 1  hanya menjelaskan tidak terlibat operasi pendaftaran langsung. Karena server itu di dinas provinsi," sebut Sabar.

Sabar menambahkan terkait hal ini. SMA Negeri 1 Medan sudah berkoordinasi dengan Disdik Sumut."Sedangkan kuota di SMA Negeri 1 Medan 432 siswa pada tahun ini," kata dia.

Jadwal PPDB online tahun 2021, pendaftaran dan seleksi jalur Afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali dan jalur prestasi, 7-9 Juni 2021. Verifikasi dan validasi data, 10-12 Juni 2021. Konfirmasi kesedian peserta didik, 13 Juni 2021.

Kemudian pendaftaran dan seleksi jalur zonasi, 13-16 Juni 2021. Verifikasi dan validasi data, 17-19 Juni 2021. Pengumuman hasil seleksi jalur zonasi, 20 Juni 2021. Konfirmasi kesehatan peserta Didik, 20 Juni 2021 dan pendaftaran ulang, 5-9 Juli 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya