Sumatera Barat Mau Tiru Cilacap Olah Sampah Jadi Jadi Energi

Ilustrasi truk sampah.
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan pengolahan sampah menjadi energi terbarukan. Langkah itu, selain bermanfaat, juga akan mampu mengurangi volume sampah dan dampak buruk yang ditimbulkan akibat sampah. 

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menyebutkan, waste to energy atau pengolahan sampah menjadi energi, merupakan hal yang baik untuk lingkungan di daerah perkotaan. Apalagi dengan banyaknya sampah akibat kepadatan penduduk. 

"Paradigma yang menganggap sampah sepenuhnya tak berguna, harus dibuang jauh-jauh. Saat ini, di Cilacap contohnya, bisa mengubah sampah jadi berkah. Dengan teknologi, sampah menjadi pengganti batu bara. Untuk mempelajari seeperti apa sistem pengolahannya, hari ini saya meninjau tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah,” kata Audy, Kamis, 10 Juni 2021.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Refused derived fuel (RDF) sebagai teknologi pengolahan sampah yang menggunakan proses homogenizers untuk mengubah ukuran sampah menjadi lebih kecil atau sesuatu yang bermanfaat. Hasilnya, akan menjadi sumber energi dalam proses pembakaran, yaitu sebagai pengganti batu bara.

“Sistem RDF merupakan tonggak baru pengelolaan sampah di Indonesia. Dengan memproses menjadi RDF bisa mengurangi pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Adanya RDF sampah dapat diolah menjadi energi dan bisa mengurangi sampah. Maka dari itu, pengolahan sampah terus menjadi perhatian di Sumatera Barat, termasuk dalam pengolaan menjadi energi,” ujar Audy.

Saat ini sudah harus ada terobosan dalam pengelolaan sampah sehingga dapat mengurangi ketergantungan pengelolaan sampah kota/kabupaten ke TPA. Sebab, selama ini keberadaan TPA selalu menjadi masalah lingkungam dan sosial.

Penanganan Pemkot Tangsel dalam mengatasi sampah.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Pemkot Tangsel menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk menangani 1.000 ton sampah setiap harinya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024