Ganjar Perintahkan Daerah Habiskan Vaksin, Utamakan untuk Lansia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis, 10 Juni 2021, meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan lansia di Puskesmas Kaligangsa, Kota Tegal.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – 

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis, 10 Juni 2021, meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan lansia di Puskesmas Kaligangsa, Kota Tegal. Ia meminta vaksinasi terus digenjot dan stok vaksin yang tersedia untuk dihabiskan.

"Stok yang ada, habiskan semuanya. Prioritaskan lansia atau mereka yang punya komorbid. Kumpulkan semuanya kemudian divaksin. Bisa dengan cara seperti ini, vaksinasi didekatkan ke puskesmas-puskesmas," katanya.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Ia mengingatkan agar kabupaten/kota tidak menyimpan stok vaksin terlalu banyak. Sebab pemerintah sudah mengajukan penambahan pasokan vaksin kepada Kementerian Kesehatan, terutama untuk daerah-daerah yang berstatus berisiko berat atau zona merah COVID-19..

Mengenai antisipasi lonjakan kasus penularan COVID-19, ia meminta pemerintah kabupaten/kota agar siaga dan menambah tempat tidur di rumah sakit rujukan, baik untuk ICU ataupun isolasi.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Dihitung benar, begitu BOR naik, segera buat kontingensi plan. Siapkan juga isolasi terpusat dan operasi justisi harus terus ditingkatkan," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Tegal Johardi, yang mendampingi Ganjar, mengaku telah menambah tempat tidur perawatan untuk ICU atau isolasi di rumah sakit-rumah sakit. Tempat isolasi terpusat juga sudah disiapkan.

Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya