Pasar di Jayawijaya Sepi usai Penembakan, Tunggu Ritual Bakar Darah

Aktivitas jual beli di Pasar Jibama, Kabupaten Jayawijaya, Papua.
Sumber :
  • ANTARA/Jaclien Ramandey

VIVA – Aktivitas jual beli di Pasar Jibama, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, masih terhenti setelah insiden penembakan warga sipil oleh salah satu oknum anggota Kopassus pada 4 Juni 2021.

Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya Lukas Kossay di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, 11 Juni, mengaku sudah mengimbau masyarakat kembali berjualan sebab persoalan itu telah ditangani secara hukum.

"Masalah itu sudah masuk [ranah] kriminal, jadi silakan proses hukum, silakan lanjut. Tetapi kalau menyangkut jual beli masyarakat di pasar, itu sama sekali tidak ada kaitan; hanya karena tempat mereka terjadi persoalan—itu saja," katanya.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Masyarakat juga belum berani beraktivitas sebab secara budaya, pihak keluarga korban harus melakukan ritual bakar darah korban penembakan, baru mereka bisa berjualan.

"Belum dilakukan proses bakar darah karena itu kembali ke keluarga. Kemarin mereka turun dari kampung itu sudah dibicarakan, muda-mudahan hari ini, (Jumat, 11/6) Jam 4:00 WIT mereka lakukan pembakaran," katanya.

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Jika proses bakar darah sudah dilakukan hari ini maka Sabtu, aktivitas sudah kembali berjalan di sana. Dinas berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menjamin keamanan di sana sekalian memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa perkara penembakan itu sudah diproses hukum. (ant)

Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

Selain Konflik Iran-Israel, BEI Beberkan Faktor Lain Penyebab IHSG Anjlok Pasca-Lebaran

Serangan militer Iran ke Israel telah berdampak pada pasar saham di kawasan Asia, sejak pembukaan perdagangan pada Senin, 15 April 2024 kemarin.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024