Gelar Panen Raya di Sumedang, Anies: Ini Cara Kita Balas Budi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat panen raya di Sumedang.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menggelar kegiatan panen raya bersama, di area persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat, 11 Juni 2021. Panen raya ini juga dihadiri petani Sumedang.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies mengatakan, kegiatan panen ini bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerja sama daerah, terutama di sektor pangan.

"Hal ini agar perekonomian di kalangan petani, khususnya di Sumedang, menjadi tumbuh dan berbanding lurus dengan terjaminnya stok beras yang dibutuhkan warga Jakarta," kata Anies.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Menurut dia, kegiatan ini merupakan bentuk peninjauan Pemprov DKI ke salah satu lokasi penghasil beras yang akan dipasok untuk memenuhi kebutuhan pangan warga Ibu Kota. Pasokan ke warga Ibu Kota itu melalui PT. Tjipinang Food Station selaku penyuplai dan Perumda Pasar Jaya sebagai pihak yang memasarkan kebutuhan pangan tersebut.

"Barusan kita panen raya. Ini ikhtiar kita bersama semata-mata agar di satu sisi, para petani di sini mendapatkan harga jual gabah yang lebih tinggi," ujar Anies.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau. Maka, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, karena jumlah pasokan aman," lanjut Anies.  

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa DKI memiliki hutang budi yang besar terhadap daerah lain, khususnya Kabupaten Sumedang. Ia menekankan Sumedang telah berkontribusi dalam memenuhi pasokan beras untuk warga Jakarta. 

Maka itu, ia berharap kerja sama dua daerah melalui PT Tjipinang Food Station bersama PT Kampung Makmur yang merupakan BUMD Kab. Sumedang bisa saling menguntungkan.

"Ini adalah cara kita masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena, merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, tapi manfaatnya kita rasakan," tuturnya.

Pun, Anies juga berharap dengan kerja sama ini berdampak positif terhadap kesejahteraan petani.

"Semoga dengan kerja sama saat ini, para petani menjadi sejahtera. Dan, kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil. Terima kasih pak Bupati dan para petani," ujarnya.

Pada saat melakukan panen raya bersama tersebut, Gubernur Anies dengan Bupati Dony Ahmad Munir menyempatkan menyapa warga serta keluarga petani yang tinggal di lokasi area persawahan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya