Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi: Tunjukkan pada Dunia Bali Aman

Presiden Jokowi membuka pesta Kesenian Bali ke-43 pada Sabtu, 12 Juni 2021.
Sumber :
  • Biro Pers Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara virtual Pesta Kesenian Bali ke-43 pada Sabtu, 12 Juni 2021. Penyelenggaraan acara ini dikabarkan melibatkan ribuan seniman dari berbagai komunitas dengan protokol kesehatan ketat dan terukur.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

"Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-43 ini merupakan bukti bahwa dalam tekanan pandemi yang sangat berat, kreativitas dan produktivitas masyarakat Bali tetap tumbuh dan tampil dengan cara-cara baru untuk terus mewarnai panggung seni dunia," kata Jokowi.

Baca juga: Tolak PPN Pendidikan, PP Muhammadiyah: Bertentangan dengan UUD 45

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Pesta Kesenian Bali mengangkat tema "Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi" yang berarti bahwa jiwa yang paripurna merupakan napas pohon kehidupan. Kepala Negara sangat mengapresiasi pilihan tema tersebut.

"Saya juga mengapresiasi pilihan tema yang mengajak pemuliaan flora fauna dan seluruh keragaman hayati, menebarkan semangat konservasi, serta hidup harmoni dengan alam untuk penyembuhan peradaban dari pandemi," kata Presiden.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Presiden mengatakan, warisan-warisan susastra yang mengingatkan datangnya wabah dan mengajarkan cara untuk mencegah dan beradaptasi perlu dibuka kembali dan dikembangkan untuk diambil pelajaran dan kaitannya terhadap pandemi yang sedang terjadi saat ini.

Selain itu, Kepala Negara menegaskan bahwa kunci utama dari pemulihan ekonomi Bali ialah penanganan pandemi di mana disiplin terhadap protokol kesehatan harus terus diterapkan, vaksinasi dilakukan secara cepat dan masif, serta PPKM mikro berbasis banjar dan desa adat di Bali harus diefektifkan untuk mencegah penularan. 

"Kita tunjukkan pada dunia bahwa Bali adalah destinasi wisata yang sangat aman untuk dikunjungi," ucapnya.

Jokowu turut mengapresiasi upaya pemerintah daerah, para seniman, dan seluruh masyarakat Bali yang mampu untuk terus berkarya, mengekspresikan seni, dan terus mengembangkan estetika dan tradisi adiluhung kebudayaan Bali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan terukur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya