Mantan Gubernur Aceh Zaini Abdullah Positif COVID-19

Mantan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eka Permadi

VIVA – Mantan Gubernur Aceh periode 2012-2017, Zaini Abdullah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA). Ia dirawat di ruang Pinere RSUDZA karena terkonfirmasi COVID-19.

Pemudik Asal Lumbuk Linggau Meninggal Dunia Diduga Kelelahan di Perjalanan

Seorang keluarga Zaini Abdullah, Muzakir mengatakan, Zaini awalnya di rujuk ke RSUZA karena kondisinya lemas. Sehingga ia dilakukan tes swab PCR, untuk mengetahui apakah yang bersangkutan positif COVID-19 atau tidak.

“Abu (Zaini Abdullah) positif hasilnya kemarin keluar, saat ini sudah masuk ruang RICU,” kata Muzakir saat dikonfirmasi, Senin, 14 Juni 2021.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Menurutnya sejauh ini tidak ada riwayat penyakit apapun yang dialami oleh Zaini Abdullah yang kini telah berusia 81 tahun. Hanya saja Zaini pernah melakukan operasi pada bagian jantung di Swedia.

Muzakir bilang pihak keluarga juga mengeluhkan perawatan selama Zaini Abdullah dirawat di RSUZA. Sebab, jumlah tenaga medis kurang, sehingga keluarga pasien agak kesulitan menghubungi petugas jika ada keluhan.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

“Seharusnya perawat di sini lebih siap jika menghadapi pasien seperti ini. Jika terus seperti ini kami khawatir dengan kondisi Abu,” sebutnya.

Diketahui, selain mantan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah merupakan pentolan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Di gerakan tersebut, ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan dan Menteri Luar Negeri GAM.

Setelah GAM berdamai dengan RI, enam tahun berikutnya ia terpilih menjadi Gubernur Aceh pada Pilkada 2012 silam berpasangan dengan mantan Panglima GAM, Muzakkir Manaf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya