Heboh Pesan Hindari Jateng karena COVID-19 India, Ganjar: Jangan Panik

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA – Masyarakat dihebohkan dengan beredarnya pesan singkat di jejaring media sosial terkait ditemukannya COVID-19 varian India di Kudus. Bahkan narasi pesan tersebut, mengajak warga untuk menghindari berpergian ke Jawa Tengah.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Gubernur Ganjar Pranowo merespons kehebohan tersebut. Dia mengaku belum mengetahui secara detail tentang informasi itu.

"Saya tidak tahu. Tapi jangan panik, harus hati-hati. Yang sudah divaksin juga bisa tertular. Maka kalau tidak penting, ndak usah keluar rumah. Kalau terpaksa keluar rumah, maskernya jangan pernah dilepas," imbaunya, Senin, 14 Juni 2021.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo menambahkan, sampai saat ini baru Kudus yang terkonfirmasi ada Varian baru COVID-19. Daerah lain belum ada, meskipun ada beberapa wilayah yang baru mengirimkan sampel tes.

"Sementara baru Kudus yang terkonfirmasi, daerah lain belum ada laporan," jelasnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Tabungan Nasabah Bank Naik, Simpanan di Atas Rp5 M Meroket

Yulianto membenarkan bahwa semua daerah wajib mengambil sampel untuk tes genome sequencing. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran varian baru itu di daerah lain.

Meski begitu, lanjutnyaa, ada sejumlah aturan di mana Pemerintah Daerah wajib mengambil sampel genome sequencing. Di antaranya terjadi penularan cepat di suatu wilayah, adanya orang baru mendarat dari negara asing, orang-orang yang tidak rentan mulai terinfeksi dan lainnya.

"Selain itu, jika ada orang yang sudah divaksin namun terkonfirmasi COVID-19, penyintas yang kembali tertular serta ada pasien COVID-19 dengan CT value di bawah 25," jelasnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya