BOR Tinggi, Jateng Tambah Tempat Isolasi Terpusat COVID-19 di Semarang

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek tempat isolasi terpusat BPSDMD.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Tren peningkatan kasus COVID-19 di Jawa Tengah beberapa pekan ini cukup tinggi. Dampaknya, bed occupancy rate (BOR) rumah sakit dan tempat perawatan isolasi pun nyaris penuh. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya menambah tempat untuk menampung warga yang terkonfirmasi COVID-19. 

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Terbaru, saat ini Asrama Kompleks Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah dioptimalkan untuk dijadikan tempat isolasi terpusat.

"Ini bagus, satu area, jadi kita optimalkan semuanya. Kalau perlu kita cari satu tempat untuk dokter dan perawat yang dekat, kita tata lagi. Jadi kalau nanti terjadi outbreak kemudian situasi berat karena tren peningkatan sangat eksponensial, kita masukkan sini semua," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek tempat isolasi terpusat BPSDMD Jawa Tengah, Kamis, 17 Juni 2021.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Di Asrama BPSDMD Jateng, lanjut Ganjar, ada empat klaster asrama yang digunakan sebagai tempat isolasi terpusat. Total berkapasitas 502 tempat tidur.

"Untuk asrama Sindoro ini sudah dipesan oleh Kabupaten Semarang karena dekat aksesnya. Bupati sudah kontak dan saya izinkan agar bisa membantu kawan-kawan di sana. Kita juga masih punya Merapi sehingga nanti kalau dalam situasi yang membutuhkan, kawan-kawan di sini sudah siap," ujarnya.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Ganjar menambahkan BPSDMD sejak awal kasus COVID-19 muncul di Jawa Tengah memang sudah dipersiapkan.

"Saya juga minta yang Diklat sekarang online semuanya. Ini bagian dari kontingensi plan kita terkait isolasi terpusat. Ditambah juga di depan informasi kamar yang terisi berapa agar yang mau masuk sini bisa jelas," ujarnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ Semarang, Jateng)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya