Ternyata, Airlangga Hartarto Masih Keturunan Trah Mangkunegara

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ziarah ke makam leluhurnya.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang akan menghadiri sejumlah acara di Kota Surakarta, menyempatkan diri berziarah ke Kompleks Pemakaman Astana Oetara, Surakarta, Jumat, 18 Juni 2021. Dari situ diketahui bahwa Airlangga masih ada keturunan dari trah Mangkunegara.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Astana Oetara adalah Komplek Pemakaman  Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI beserta keluarga, kerabat dan para abdi dalemnya. Eyang dari Airlangga Hartarto, yang bernama R Sastro Sunarto bin RM.Ng Mangoen Bisono dan istrinya RM. Ngt Soeparti Soenarto binti R.Ng Parto Waidjojo Hardjowoewito dimakamkan di kompleks pemakaman bagian depan.

"Itu tadi, ayahnya bapak saya. Jadi eyang kakung dan eyang putri," kata Airlangga sebelum meninggalkan kompleks pemakaman.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Baca juga: Elektabilitas Airlangga Meningkat, Golkar: Beliau Kerja Nyata

Menurut keterangan dari Juru Kunci Astana Oetara, RM. Haryanto, semua yang dimakamkan di Astana harus ada kaitannya dengan Mangkunegara VI, dan R Sastro Sunarto adalah salah satu pejabat di era Mangkunegara VI dan yang juga masih ada hubungan kerabat.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

"Dulu Eyangnya Pak Airlangga adalah jaksanya Mangkunegara VI, dan juga ada keturunan trah dari Mangkunegara II," ujar Haryanto.

Selain eyangnya, ada sejumlah anggota keluarga lain seperti bulek dan bude dari Airlangga Hartarto yang juga dimakamkan di sana.

Selepas ziarah dan salat Jumat, Airlangga dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja di Hotel Alila, dan menjadi pembicara pada acara webinar bersama Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret (UNS).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya